UAD Kembangkan Roket Air

redaksi.co.id - UAD Kembangkan Roket Air YOGYAKARTA -- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan mengembangkan teknologi roket air untuk...

22 0

redaksi.co.id – UAD Kembangkan Roket Air

YOGYAKARTA — Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan mengembangkan teknologi roket air untuk siswa tingkat SMP dan SMA.

“Tahun ini kita memberikan bimbingan pembuatan roket air dari bahan plastik pada siswa SMP dan SMA di DIY. Tahun depan akan kita kembangkan pembuatannya sehingga pengenalan teknologi aerodinamika pada siswa terus berkembang,” kata Rektor UAD, Kasiyarno di sela-sela lomba roket air dari plastik antar siswa SMP dan SMA di DIY, Selasa (6/10).

Lomba roket air diikuti 150 siswa SMP dan SMA se-DIY. Lomba tersebut digelar di kampus 4 UAD.

Menurut Kasiyarno, lomba dan pengembangan teknologi roket air ini dilakukan atas kerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Lomba roket air antar siswa tersebut juga menandai dibukanya rangkaian dies natalis UAD ke 55 tahun ini.

Ketua Panitia Milad ke-55 UAD yang juga Dekan FMIPA UAD, Thobirin mengatakan, lomba roket air diikuti 150 tim siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-DIY. “Masing-masing tim terdiri dari dua orang siswa dan harus membawa tiga buah roket air.

Dua roket untuk diluncurkan dan satu roket untuk cadangan. Dengan demikian, sedikitnya ada tiga ratus roket yang diluncurkan,” katanya.

Selain lomba roket air, rangkaian kegiatan milad ke-55 itu diisi pula dengan lomba seni, budaya, agama, dan olahraga, Olimpinter (Olipimpiade MIPA dan Komputer), pengabdian masyarakat, dan layanan kesehatan.

Selain itu, ada juga malam tasyakuran dan hiburan, pidato ilmiah dan pidato tahunan rektor, family gathering, serta seminar internasional.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!