Ini Dia Cara Orang Sukses Hadapi Stres

redaksi.co.id - Ini Dia Cara Orang Sukses Hadapi Stres Stres merupakan hal lumrah yang biasa ditemui dalam perjalanan karier seseorang. Dari pegawai biasa hingga pengusaha sukses...

38 0

redaksi.co.id – Ini Dia Cara Orang Sukses Hadapi Stres

Stres merupakan hal lumrah yang biasa ditemui dalam perjalanan karier seseorang. Dari pegawai biasa hingga pengusaha sukses sekalipun pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya.

Entah karena beban pekerjaan yang terlampau banyak atau karena tekanan yang datang dari berbagai macam pihak, stres dapat datang kapan saja. Tidak jarang, stres ini juga dapat memicu seseorang untuk tidak mampu bekerja dengan baik. Alih-alih pekerjaan terselesaikan, stres ini justru membuat semua pekerjaan dan rencana yang telah disusun terbengkalai dengan sia-sia.

Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan apabila Anda mengalami stres dalam bekerja?

Seperti yang dilansir dari laman Lifehack.org, Jumat (9/10/2015), cobalah ikuti cara para orang sukses ini dalam menghadapi stres:

1. Mereka tidak ragu meminta bantuan

Banyak orang yang terlampau malu atau gengsi untuk meminta bantuan dari orang lain. Mereka berpikir dapat mengatasi masalah tersebut sendiri, namun nyatanya tidak seperti itu. Kemampuan terbatas yang Anda miliki hanya akan mampu untuk mengurus beberapa hal saja, dan untuk itu Anda tetap membutuhkan bantuan orang lain.

Sebagian besar orang sukses di dunia mempekerjakan berbagai orang ahli untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan yang ada. Selain dapat mempermudah Anda, meminta bantuan dari orang lain juga akan membantu Anda untuk tetap fokus dan produktif dalam bekerja.

2. Mereka berbagi pengalaman sesama profesional

Anda mungkin berpikir mengapa berbagi pengalaman dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan stres. Ternyata, selain dapat mendengarkan pengalaman para professional, Anda pun mampu belajar mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan dalam menghadapi masalah tertentu.

Ini merupakan cara yang tepat bagi Anda untuk bisa belajar sesuatu yang baru sekaligus menghindari Anda melakukan kesalahan yang sama.

3. Mereka terus belajar setiap waktu

Tidak peduli pekerjaan apa yang Anda lakukan atau berapa umur Anda sekarang, belajar merupakan proses panjang yang harus tetap Anda lakukan seumur hidup. Pengetahuan merupakan hal berguna di dunia pekerjaan.

Jika Anda ingin sukses, perkayalah diri dengan ilmu pengetahuan dan terus-menerus belajar setiap waktu.

Jika Anda terus-menerus belajar dan mengembangkan diri, maka tantangan yang ada di depan mata Anda pun dapat lebih mudah dihadapi. Rasa keingintahuan yang tinggi juga akan membantu Anda untuk tetap berada pada jalur yang benar dalam hidup.

4. Mereka memanfaatkan gadget yang dimiliki

Fungsi utama dari sebuah gadget adalah untuk mempermudah Anda melakukan kegiatan sehari-hari. Apabila selama ini Anda hanya menggunakan gadget untuk hal-hal standar seperti telepon, mengirim pesan dan meng-update sosial media, berarti Anda belum memanfaatkan fungsi gadget dengan maksimal.

Cobalah manfaatkan smartphoneuntuk meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja, seperti mengatur jadwal, atau membuat daftar pekerjaan apa yang harus anda selesaikan. Ada banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan dengan efektif dan terhindar dari stress.

5. Mereka tahu apa yang memotivasi diri mereka

Penting untuk mencari tahu apa yang membuat Anda termotivasi agar Anda tetap bisa produktif dan terbebas dari stres. Beberapa orang dapat termotivasi setelah membayangkan kesuksesan yang dapat mereka raih, sementara beberapa orang lainnya masih sulit untuk mengetahui apa yang memotivasi diri mereka.

Motivasi memainkan peran besar dalam semua yang Anda lakukan, sehingga lakukanlah semua hal yang dapat memotivasi dan membuat Anda merasa bahagia.

6. Mereka memisahkan dunia personal dan pekerjaan.

Banyak orang mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk mengejar karier dan kesuksesan. Namun, Anda harus tetap memberikan jurang pemisah antara kehidupan pribadi dan bisnis.

Faktanya Anda tidak dapat menjadi produktif sepanjang hari, dan Anda pun tidak akan menyelesaikan semua tugas-tugas sepanjang waktu. Untuk itu, menetapkan jam kerja yang jelas merupakan hal penting yang harus Anda dilakukan.

Jangan biarkan kehidupan pribadi Anda terbengkalai hanya karena Anda hanya terfokus pada pekerjaan Anda. Bersenang-senanglah dengan keluarga Anda, atur perjalanan liburan di luar kota, dan nikmati hobi Anda.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!