1.400 Orang Bunuh Diri, Golden Gate Bangun Jaring Rp 1 Triliun

redaksi.co.id - 1.400 Orang Bunuh Diri, Golden Gate Bangun Jaring Rp 1 Triliun Lebih dari 1.400 orang bunuh diri dengan cara lompat dari jembatan Golden Gate,...

24 0

redaksi.co.id – 1.400 Orang Bunuh Diri, Golden Gate Bangun Jaring Rp 1 Triliun

Lebih dari 1.400 orang bunuh diri dengan cara lompat dari jembatan Golden Gate, di California, Amerika Serikat setinggi 220 kaki. Pemerintah setempat kapok, dan mencari cara untuk menghentikan tren bunuh diri tersebut.

Pekan lalu, dewan pengelola jembatan berencana untuk membangun pembatas atau rintangan agar orang tidak loncat. Mereka berharap, itu akan menghentikan tragedi bunuh diri yang terjadi.

Menurut laporan media setempat seperti dikutip dari Business Insider, Senin (12/10/2015), pembatas itu berupa jaring raksasa yang lebih panjang 20 kaki ke bawah dan 20 kaki keluar dari area pejalan kaki. Jaring itu juga bakal dilengkapi kabel baja yang bisa ‘menangkap’ siapapun yang jatuh di atasnya, dan membuat mereka sulit untuk kabur hingga bantuan datang.

Dewan menyetujui proyek pembangunan jaring pengaman ini di tahun lalu dan menyatakan proyek tersebut bakal dilelang pada Selasa pekan ini waktu setempat. Mereka memperkirakan proyek ini akan selesai dalam tiga tahun.

Sebenarnya, rencana pembangunan mengenai jaring pembatas orang ini sudah direncanakan sejak 1950-an. Namun hingga kini, belum ada yang dilakukan.

“SUdah sekian lama tragedi dan kehilangan ini terjadi, dan sudah menjadi bagian dari Nasional Park dan Golden Gate,” kata Aaron Roth, asistrn dari superintendet di Golden Gate National Recreation Area.

“Kita berharap ke depan, keindahan dari tempat rekreasi ini tidak dibayangi oleh kesan tragis dan sedih,” ujarnya.

Kembali ke soal jaring pengaman, jaring itu dibuat untuk mencegah para ‘peloncat’ yang menjemput ajalnya sendiri. Dewan berharap jaring itu bakal mencegah dan mengahalangi mereka. Disebutkan untuk membuat jaring yang diikatkan dengan kabel baja tersebut, membutuhkan dana hingga US$ 76 juta setara Rp 1,01 triliun.

Seorang peneliti melakukan studi dan mengukur seberapa efektif beberapa cara pencegahan bunuh diri, seperti larangan masuk ke suatu area, memberi rintangan atau pembatas, dan rambu dengan nomor telepon yang bisa dipakai untuk memanggil bantuan.

Dari studi mereka, disimpulkan bahwa membuat batasan atau rintangan paling efektif, setidaknya 90 persen bakal mengurangi potensi orang bunuh diri, laporan dari Rachel Gross. Tapi jika ingin sangat efektif, ketiganya bisa saja disatukan.

Beberapa menentang proyek Golden Bridge itu, dan menganggap jika orang berniat bunuh diri, maka mereka akan menemukan cara yang lain. (Zul/Ahm)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!