Malaysia Kerahkan Investigasi MH370 atas Klaim Penemuan di Filipina

redaksi.co.id - Malaysia Kerahkan Investigasi MH370 atas Klaim Penemuan di Filipina Merespons klaim bahwa puing diduga milik MH370 ditemukan di Filipina, Kementerian Transportasi Malaysia dikatakan telah...

22 0

redaksi.co.id – Malaysia Kerahkan Investigasi MH370 atas Klaim Penemuan di Filipina

Merespons klaim bahwa puing diduga milik MH370 ditemukan di Filipina, Kementerian Transportasi Malaysia dikatakan telah memerintahkan investigasi atas klaim itu.

Dikutip dari Channel News Asia, pihak kementerian sudah mengerahkan Departemen Penerbangan Sipil (DCA) untuk menginvestigasi klaim penemuan yang disebutkan di sebuah hutan Pulau Sugbay, Tawi-tawi, Filipina itu.

“Saya sudah menerima laporan soal penemuan itu dan itu belum bisa kami konfirmasi. Kami akan memberi waktu pada (DCA) untuk menginvestigasinya terlebih dahulu,” kata Menteri Transportasi Liow Tiong Lai, ditemui dalam sebuah konferensi pers di Kuala Lumpur, Minggu (11/10/2015).

Selain menyatakan bahwa dirinya sudah mendapatkan laporan atas klaim tersebut, Liow juga mengatakan bahwa investigasi itu kemungkinan akan melibatkan divisi investigasi kecelakaan udara dari Kementerian Transportasi.

Sedangkan, dilaporkan oleh Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Tan Sri Khalid Abu Bakar bahwa otoritas Filipina pun sudah melakukan inspeksi di lokasi penemuan. Namun, belum ada kabar lagi terkait inspeksi itu.

“Kami masih belum dapat konfirmasi (dari otoritas Filipina). Mungkin butuh sekitar sehari sampai dua hari lagi baru mereka akan mengabari,” ucapnya.

The Star Online mengatakan seorang pria di Filipina mengaku telah menemukan puing diduga milik MH370, termasuk sejumlah jenazah manusia, ketika sedang berburu burung pada awal September 2015 lalu.

Usai menemukannya bersama keponakannya, keduanya lalu mengambil sebuah bendera yang mereka temukan di tempat penemuan dan melaporkan soal penemuan itu pada kepolisian Sandakan, Filipina. (Channel News Asia/The Star Online)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!