"Tukang Bubur Naik Haji" Ditegur KPI, Ini Pelanggarannya

redaksi.co.id - "Tukang Bubur Naik Haji" Ditegur KPI, Ini Pelanggarannya SINETRON super panjang Tukang Bubur Naik Haji The Series di RCTI mendapat hadiah berupa Teguran Tertulis...

39 0

redaksi.co.id – "Tukang Bubur Naik Haji" Ditegur KPI, Ini Pelanggarannya

SINETRON super panjang Tukang Bubur Naik Haji The Series di RCTI mendapat hadiah berupa Teguran Tertulis oleh KPI.

Sinetron yang pekan ini memasuki episode 1780, mendapat sanksi dari KPI terkait sebuah adegan kekerasan.

Dijelasakan dalam surat edaran KPI tertanggal 7 Oktober 2015, pelanggaran ditemukan pada episode yang tayang tanggal 21 September 2015 pukul 19.39 WIB.

Program tersebut menayangkan adegan seorang pria yang dipukuli wajahnya sampai berdarah. KPI Pusat menilai hal tersebut tidak dapat ditayangkan karena berbahaya dan berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja, pelarangan adegan kekerasan dan penggolongan program siaran.

KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis.

Selain itu, pada tanggal yang sama KPI juga menemukan kata-kata kasar “setan lo ya!”. Sesungguhnya menyiarkan ungkapan kasar dan makian dalam sebuah program siaran dapat berimplikasi pada sanksi administratif penghentian sementara, sebagaimana diatur dalam Pasal 80 jo. Pasal 24 SPS KPI Tahun 2012.

Berdasarkan catatan KPI, program tersebut sebelumnya telah mendapatkan Surat Peringatan Nomor 118/K/KPI/2/15 pada tanggal 12 Februari 2015. KPI berharap pihak RCTI melakukan pembinaan agar tidak terulang di masa datang.

(ray/yb)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!