Laundroid, Robot Pencuci dan Pelipat Baju

redaksi.co.id - Laundroid, Robot Pencuci dan Pelipat Baju TOKYO -- Jika ada sebuah pekerjaan yang kasar dan membutuhkan banyak waktu, mungkin Anda bisa mengusulkan ke Jepang...

45 0

redaksi.co.id – Laundroid, Robot Pencuci dan Pelipat Baju

TOKYO — Jika ada sebuah pekerjaan yang kasar dan membutuhkan banyak waktu, mungkin Anda bisa mengusulkan ke Jepang agar membuat robot untuk membantu pekerjaan tersebut. Seumur hidup, sesorang membutuhkan waktu 750 hari atau 18 ribu jam untuk mencuci baju.

Dilansir dari Japan Today, Jepang membuat Laundroid, sebuah mesin yang bisa membantu Anda mencuci. Mesin ini bukan mesin biasa. Jika biasanya mesin cuci hanya bisa mencuci dan mengeringkan, Laundroid bisa melipat baju dengan rapi. Robot atau mesin ini merupakan kolaborasi antara Daiwa House, Panasonic dan Seven Dreamers. Mesin ramping ini dirancang seperti lemari baji biasa namun bisa membantu proses pencucian pakaian.

Mesin ini dipamerkan dalam pameran gabungan teknologi canggih (CEATEC). Disitu diperagakan bagaimana Laundroid melipat baju yang baru dikeringkan. Pengunjung bisa melihat proses melipat baju dari layar LCD.

Mesin ini mampu mengidentifikasi jenis pakaian yang diterima. Lalu, robot akan membantu melipatnya. Saat ini mesin dapat melipat kaus, kemeja berkerah, rok, celana pendek, celana panjang dan handuk. Pre order untuk Laundroid akan dimulai tahun depan yang diikuti oleh rilis model beta dan kemudian mesin lipat untuk penggunaan komersial. Pada tahun 2019, produsen berencana untuk merilis produk final.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!