Dua Pejabat Senior Cina Dipenjara Karena Suap

166

redaksi.co.id – Dua Pejabat Senior Cina Dipenjara Karena Suap

Cina jatuhkan hukuman penjara pada dua mantan pejabat senior Partai Komunis karena menerima suap, Senin (12/10). Keduanya terkait erat dengan mantan kepala keamanan Zhou Yongkang, yang menjalani hukuman seumur hidup.

Jiang Jiemin, mantan pejabat partai yang pernah menjalankan perusahaan minyak dan gas terbesar Cina, dijatuhi hukuman 16 tahun setelah mengaku menerima suap. Pengadilan di Cina Tengah juga menghukum Li Chuncheng, mantan pejabat partai puncak di Provinsi Sichuan di barat daya Cina selama 13 tahun penjara untuk pelanggaran yang sama.

Keduanya juga didenda 1 juta renminbi, atau sekitar 158 ribu dolar AS. Vonis ini dilakukan dua minggu sebelum awal dari konklaf tahunan Komite Sentral Partai Komunis. Partai ini sering mengumumkan keputusan pidana sebelum pertemuan penting.

Pertemuan tahun ini, disebut pleno, akan digelar pada 26-29 Oktober di Beijing. Jatuhnya vonis pada keduanya dilakukan setelah penyelidikan terhadap Zhou, mantan anggota elit Komite Tetap Politbiro partai dan orang paling senior yang diadili karena korupsi dalam sejarah 66 tahun dari Republik Rakyat.

Keduanya bertindak di bawah perintah Zhou secara ilegal dan menyebabkan kerugian negara hingga 235 juta dolar AS. Li diberhentikan dari jabatannya dan Jiang ditempatkan di bawah penyelidikan pada bulan September 2013.

Jiang menghabiskan sebagian besar karirnya di China National Petroleum Corporation. Li bertugas di bawah Zhou di Provinsi Sichuan pada masa jabatan 1999-2002. Jiang menerima suap sebesar lebih dari 2,2 juta dolar AS dan Li menerima suap sebesar hampir 6,3 juta dolar AS.

Putusan terhadap Li berkurang karena ia kooperatif, menunjukkan penyesalan, menyerahkan dirinya dan secara aktif menyerahkan uang suap.

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!