The Walk: Menggapai Mimpi Bersama Seutas Tali

redaksi.co.id - The Walk: Menggapai Mimpi Bersama Seutas Tali APA batasan Anda dalam mewujudukan obsesi?Philippe Petit, seorang seniman jalanan piawai berjalan di ketinggian dengan bermodalkan seutas...

54 0

redaksi.co.id – The Walk: Menggapai Mimpi Bersama Seutas Tali

APA batasan Anda dalam mewujudukan obsesi?

Philippe Petit, seorang seniman jalanan piawai berjalan di ketinggian dengan bermodalkan seutas tali. Keahliannya ini menjadi sumber pendapatannya. Pria kelahiran 13 Agustus 1949 ini mendunia saat berhasil menyeberangi menara WTC dengan seutas tali pada tahun 1974.

Film yang disutradarai Robert Zemeckis ini mengurai cerita hidup bagaimana Petit (diperankan Joseph Gordon Levitt) bisa tertarik dan kemudian menguasai keterampilan menjaga keseimbangan saat berjalan di atas seutas tali. Philippe digambarkan sebagai sosok optimis dan selalu ingin berkembang.

Suatu hari, dia melihat surat kabar tentang pembangunan menara kembar yang kelak kita kenal dengan nama WTC (World Trade Center) di New York, Amerika Serikat. Didukung orang asing yang kemudian menjadi temannya, Philippe menyusun rencana untuk bisa menyusup ke WTC.

The Walk menampilkan secara detail baik masa muda sampai misi Philippe menaklukkan WTC. Naskah yang digarap Zemeckis bersama Christopher Browne hadir dengan cerdas, tanpa membuat penonton bosan. Siapa sangka merencanakan ‘pendakian’ di WTC tak kalah seru dengan melihat aksi sekelompok pencuri hendak merampok bank dalam sejumlah film aksi?

Mengingat settingnya tahun 1974, sistem keamanan gedung memang tidak seketat sekarang di mana CCTV, sensor kartu atau jari tangan, dan alarm dipasang di hampir semua tempat. Tapi tetap saja, menyelinap di tahun itu tidak mudah.

Sistem narasi yang dibawakan Joseph Gordon Levitt kian menghibur sekaligus memberikan informasi lebih jelas. Penampilan Ben Kingsley sebagai Papa Rudy, memberi greget tersendiri film berdurasi 123 menit ini.

Momen klimaks, saat Philippe menyeberang, disajikan dengan begitu cermat. Saya sarankan Anda menonton versi 3D (apalagi IMAX), untuk turut merasakan sensasi berjalan di atas tali yang menghubungkan gedung setinggi 417 meter itu.

(ray/yb)

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!