Robot Ini Bisa Prediski Gerakan Tubuh Manusia

redaksi.co.id - Robot Ini Bisa Prediski Gerakan Tubuh Manusia CHICAGO -- Robot masa depan, telah mampu melakukan banyak hal. Mulai dari mengerjakan pekerjaan manusia, hingga mengendarai...

10 0

redaksi.co.id – Robot Ini Bisa Prediski Gerakan Tubuh Manusia

CHICAGO — Robot masa depan, telah mampu melakukan banyak hal. Mulai dari mengerjakan pekerjaan manusia, hingga mengendarai mobil. Awalnya hanya satu yang tak dapat mereka lakukan, yakni membaca pikiran. Namun, baru-baru ini ilmuan mengembangkan robot ‘psikis’ yang mampu memprediksi tindakan manusia.

Seperti dilansir Sciencealert.com, robot ini dikembangkan oleh para peneliti dari bioengineers di Amerika Serikat. Mereka menggunakan algoritma matematika yang konon dapat memprediksi apa yang dapat dilakukan manusia.

Sebenarnya, perangkat lunak ini tak benar-benar membaca pikiran manusia. Tapi mereka dikabarkan bisa menghitung niat manusia berdasarkan aktivitas mereka sebelumya, bahkan jika tindakan tersebut mengalami gangguan. Misalnya, Anda ingin meraih sesuatu di meja tapi tangan Anda terhalang sesuatu untuk mengambil itu. Orang lain mungkin tak bisa menebak apa yang akan Anda ambil, tapi robot bisa.

Untuk menguji teori ini, para peneliti di Univeristas Illinois di Chicago bereksperimen dengan skenario, pelacakan dan menganalisi pergerakan tangan orang yang mencoba meraih benda secara virtual tapi terhambat. Mereka kemudian menciptakan algoritma canggih untuk menghitung rencana kemana tangan akan mengarah. Jenis perangkat ini meramalkan tindakan fisik dan niat berdasarkan apa yang terjadi sebelumnya.

Penemuan ini nampaknya akan mengesankan jika diimplikasikan untuk teknologi nyata. Misalnya pada kontrol kendaraan semi otomatis. “Jika kita menabrak es dan mobil mulai meliuk, kami ingin mobil untuk tahu kemana tujuan awal arah kita menuju,” kata penulis studi Justin Horowitz.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!