Inka Christie: “Saya Lelah Buka-Tutup Jilbab”

327

redaksi.co.id – Inka Christie: “Saya Lelah Buka-Tutup Jilbab”

INKA Christie (42). Ikon musik rock era 90-an kini telah mengubah penampilannya dengan hijab.

Berhijab bagi Inka tidak terjadi dalam sekejap mata. Itu dimulai pada 1999. Kalau naik panggung, Inka melepas hijab. Turun panggung, Inka mengenakannya kembali.

Inka dan hijab sebenarnya sudah bergaul akrab sejak lama. Maklum, Inka kecil bersekolah di madrasah dan menghabiskan masa remaja di sekolah Islam. Ia suka mengoleksi mukena dan kerudung.

Lalu saya berpikir, memakai kerudung ketika ke luar rumah misalnya ke mal. Lama-lama, saya lelah membuka-tutup jilbab. Sebenarnya sudah berniat berhijab, tapi saya tunda-tunda, Inka berterus terang.

Kemudian, terjadi malapetaka yang tidak diharapkan. Pada 2010 dan 2011 Inka jatuh sakit. Ia diserang mag kronis. Inilah yang membuat penyanyi kelahiran Bandung itu vakum lima tahun lebih.

Suatu malam pada 2011, Inka diserang demam. Saking tingginya suhu tubuh, ia sampai tidak kuat bangun dan berdiri. Ambruk di ranjang, hingga dilarikan ke dua rumah sakit berbeda di Bandung dan satu rumah sakit swasta di Jakarta Utara. Diagnosis dokter sama: Inka mengidap mag kronis.

Pada malam itu, antara sadar dan tidak, Inka melihat laki-laki tua mengenakan serban dan jubah putih di kamar. Ia berdiri di samping Inka dengan wajah tampak bercahaya. Pemilik album Nyanyian Suara Hati mengalihkan pandangan ke tanah. Ia melihat seekor semut di atas telapak kakinya. Awalnya satu. Beberapa detik kemudian, semut ini membawa teman-teman dan berusaha naik dari telapak kaki ke tubuh lalu ke tangan dan pundak. Inka mengusir dan memukuli semut-semut hitam itu.

Kakek bersorban putih itu mencegah, Jangan kau sentuh semut itu.

Inka tak ada daya dan bertanya, Bapak, saya harus bagaimana?

Diamlah, Kakek menasihati. Semut-semut itu terus menapaki setiap cm tubuh saya. Mereka sampai di kepala, merapikan helai demi helai rambut dan menutupi rambut saya dengan tubuh mereka sampai tidak terlihat sama sekali. Setelah menutupi seluruh rambut, salah satu semut memerintahkan teman-temannya yang lain menutupi kuping, leher, lalu menyusuri pundak saya, beri tahu Inka.

Akhirnya, ia tahu apa maksudnya semua ini. Keesokan harinya, si lady rocker berusaha bangun dan mengambil salah satu koleksi kerudung untuk menudungi kepala. Sejak itu, ia tak pernah membuka jilbab lagi. Inilah hidayah. Peristiwa itu terjadi pada awal 2012. Uniknya sejak menutup aurat, mag kronis yang melumpuhkan Inka berangsur pergi.

(wyn/gur)

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!