Atasi Persoalan Upah, Pemerintah Diminta Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok

redaksi.co.id - Atasi Persoalan Upah, Pemerintah Diminta Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri SulistiyonoJAKARTA - Persoalan upah selalu menjadi masalah antara pemerintah dan...

37 0

redaksi.co.id – Atasi Persoalan Upah, Pemerintah Diminta Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

JAKARTA – Persoalan upah selalu menjadi masalah antara pemerintah dan buruh setiap waktu, namun hal tersebut dapat teratasi dengan baik jika pemerintah mampu mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok tidak melambung tinggi.

“Yang terpenting di sini adalah peran dari pemerintah dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok agar stabil,” kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus saat dihubungi, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Menurut Heri, jika harga kebutuhan pokok stabil maka kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) ke depan tidak signifikan, yang akhirnya membuat pengusaha bebannya menjadi lebih ringan.

“Tidak perlu ada kenaikan upah secara signifikan setiap tahunnya, karena harga-harga kebutuhan stabil. Jadi daya beli buruh tetap terjangkau,” ucapnya.

Heri melihat, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya mengundang pihak asing untuk berinvestasi di sektor industri, akan tetapi dalam mengundang investor jangan sekaligus menawarkan upah murah. Kondisi tersebut pastinya mendapat pertentangan dari buruh di seluruh Indonesia.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!