Darmin Nasution: Rupiah Sudah Bersaing Dengan Mata Uang Lainnya

redaksi.co.id - Darmin Nasution: Rupiah Sudah Bersaing Dengan Mata Uang Lainnya JAKARTA - Selama beberapa pekan lalu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus mengalami penguatan....

9 0

redaksi.co.id – Darmin Nasution: Rupiah Sudah Bersaing Dengan Mata Uang Lainnya

JAKARTA – Selama beberapa pekan lalu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus mengalami penguatan. Padahal nilai tukar rupiah yang sempat menyentuh di angka Rp 14.600 kini berada di kisaran Rp 13.500.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution memaparkan penguatan mata uang rupiah ternyata tidak sendiri di Asean. Saat ini kata Darmin ada beberapa mata uang lainnya yang ikut mengalami penguatan terhadap dollar AS.

“Tinggal kita lihat siapa yang lebih besar menguatnya mata uang,” ujar Darmin di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Menurut Darmin, penguatan nilai tukar mata uang di beberapa negara disebabkan karena gejolak yang terjadi di Amerika Serikat. Darmin pun memaparkan bahwa mata uang dollar AS saat ini pun mengalami perubahan.

“Kalau dia melemah banyak mata uang lain menguat,” kata Darmin.

Darmin memprediksi mata uang rupiah akan terus mengalami apresiasi selama beberapa pekan ke depan. Hal yang diperlukan pemerintah saat ini menjaga stabilitas dengan berbagai kebijakan yang mampu mendorong stimulus penguatan nilai tukar rupiah.

“Sedang berjalan perubahan itu. Artinya ini belum secara sepenuhnya selesai,” papar Darmin.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!