Sembilan Bulan, BI Rate Dipertahankan pada Level Rp 7,5 Persen

redaksi.co.id - Sembilan Bulan, BI Rate Dipertahankan pada Level Rp 7,5 Persen Dengan demikian, BI sudah mempertahankan BI Rate pada posisi tersebut selama sembilan bulan, setelah...

36 0

redaksi.co.id – Sembilan Bulan, BI Rate Dipertahankan pada Level Rp 7,5 Persen

Dengan demikian, BI sudah mempertahankan BI Rate pada posisi tersebut selama sembilan bulan, setelah menurun 25 basis poin dari level 7,75 persen pada Januari 2015.

“Mengingat masih tingginya risiko ketidakpastian global, maka Bank Indonesia akan tetap berhati-hati dan mencermati risiko global di tengah perkembangan pasar keuangan global yang lebih kondusif,” kata Direktur Eksekutif Bidang Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Menurutnya, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan membaik terutama didorong oleh meningkatnya belanja modal pemerintah, walaupun aktivitas perekonomian di sektor swasta masih berjalan relatif lambat.

“Tekanan terhadap stabilitas makro mulai mereda sehingga kedepan terdapat ruang bagi pelonggaran kebijakan moneter,” ucap Tirta.

Fokus kebijakan Bank Indonesia dalam jangka pendek, kata Tirta, tetap diarahkan pada langkah-langkah stabilisasi nilai tukar, memperkuat pengelolaan likuiditas rupiah, serta memperkuat pengelolaan penawaran dan permintaan valuta asing.

“Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan untuk memastikan tetap terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujar Tirta.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!