Filipina Siaga Topan Kappu

redaksi.co.id - Filipina Siaga Topan Kappu LUZON -- Warga Filipina utara Pulau Luzon sedang mempersiapkan kedatangan badai kuat Kappu akhir pekan ini. Frekuensi badai Kappu diperkirakan...

19 0

redaksi.co.id – Filipina Siaga Topan Kappu

LUZON — Warga Filipina utara Pulau Luzon sedang mempersiapkan kedatangan badai kuat Kappu akhir pekan ini. Frekuensi badai Kappu diperkirakan intensif karena energi dari perairan hangat dari khatulistiwa Samudera Pasifik.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Kamis (15/10), badai tropis Koppu berada 1.200 kilometer di sebelah timur Manila pada Kamis pukul 00. 00 waktu setempat. Koppu diperkirakan intensif karena energi dari air yang sangat hangat khatulistiwa Samudera Pasifik. Kecepatan angin diperkirakan mencapai 205 kilometer (km) per jam. Kekuatan ini setara dengan badai kategori 3 pada lima titik skala Saffir-Simpson.

Koppu bahkan bisa mencapai status badai kategori 4 jika kecepatannya bertambah 5 km/jam. Namun, diharapkan topan ini melemah sebelum mencapai daratan. Diperkirakan tibanya topan ini akan terlambat pada Ahad, meskipun perkiraan komputer terbaru menunjukkan perlambatan gerakan signifikan arah timur Koppu ini.

Kekuatan badai kategori topan yang setara topan biasanya menghasilkan angin mungkin menyebabkan kerusakan ekstrem. Pohon-pohon besar dapat tumbang dan beberapa kemungkinan kerusakan struktural. Koppu akan menuju ke Laut Timur Cina, melemah saat melewati perairan dingin dan berdasarkan pengalaman meningkat karena pergeseran angin yang akan mengganggu arah topan. Namun demikian, Koppu memungkinkan bisa membawa hujan banjir ke Cina timur dan Taiwan pekan depan.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!