Bos Yakuza Jepang Paling Dicari Ternyata Tengah Dirawat di RS Thailand

redaksi.co.id - Bos Yakuza Jepang Paling Dicari Ternyata Tengah Dirawat di RS Thailand Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari TokyoTOKYO - Mantan bos Goto-gumi, afiliasi dengan...

33 0

redaksi.co.id – Bos Yakuza Jepang Paling Dicari Ternyata Tengah Dirawat di RS Thailand

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TOKYO – Mantan bos Goto-gumi, afiliasi dengan mafia Jepang (yakuza) terbesar Yamaguchigumi, Tadamasa Goto (73), ternyata kini berada di rumah sakit besar di Thailand, dirawat dalam kondisi yang kurang baik. Tahun 2013 Goto sempat hijrah ke Kamboja dan menjadi anggota parlemen di sana.

“Tadamasa Goto saat ini ada di rumah sakit di Thailand, dirawat karena situasi kesehatannya benar-benar kurang baik,” kata sumber Tribunnews.com, Jumat (16/10/2015).

Goto masuk rumah sakit dan dirawat di Thailand kemungkinan menggunakan paspor Kamboja dengan nama samaran tertentu karena tahun 2013 sempat menjadi anggota parlemen di Kamboja berkat hubungan baiknya dengan para jenderal di sana.

Tahun 2001 Goto mendapat visa khusus dari badan investigasi khusus federal Amerika Serikat (FBI) untuk masuk ke Amerika Serikat (AS) mendapatkan cangkokan ginjal baru. Dan menyumbangkan 100.000 dolar AS kepada UCLA Medical Center di Los Angeles. Sebaliknya Goto memberikan banyak data mengenai Yakuza kepada pihak AS.

Kelahiran Ebara Tokyo, 16 September 1942 ini memang penganut aliran keras Ketua kelompok Goto-gumi yang kemudian juga jadi pimpinan di Yameken gumi, yang berafiliasi waktu itu ke Yamaguchigumi.

Memulai karir Yakuza-nya tahun 1972 pada usia 30 tahun di Fujinomiya, kampung halaman ayahnya. Tahun 1985 membentuk kelompok Gotogumi yang berafiliasi ke Yamaguchigumi.

Lalu memasuki pimpinan Yamaguchigumi antara tahun 1984 hingga 1985. Lalu bulan Oktober 2008 secara resmi dikeluarkan dari Yamaguchigumi karena ingin melakukan pemberontakan terhadap kelompok yakuza tersebut.

Akibat dikeluarkan itu Goto langsung menghilang kabur ke daerah terpencil di Jepang menjadi Pendeta Budha dengan nama Chuei. Samaran ini akhirnya ketahuan dan kabur ke luar negeri termasuk ke Kamboja.

Kini Goto sedang sakit parah dirawat di sebuah rumah sakit besar di Thailand.

Info lengkap yakuza bisa dibaca di www.yakuza.in.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!