Adakah Hubungan Antara Ukuran Otak dan Kecerdasan?

redaksi.co.id - Adakah Hubungan Antara Ukuran Otak dan Kecerdasan? Selama berabad-abad, ilmuwan menyelidiki hubungan antara ukuran otak manusia dan level kecerdasan. Beberapa penelitian baru menunjukkan bahwa...

9 0

redaksi.co.id – Adakah Hubungan Antara Ukuran Otak dan Kecerdasan?

Selama berabad-abad, ilmuwan menyelidiki hubungan antara ukuran otak manusia dan level kecerdasan. Beberapa penelitian baru menunjukkan bahwa ternyata tidak ada bukti yang meyakinkan antara ukuran otak dan kecerdasan.

Review dari 88 studi yang melibatkan lebih dari 8.000 peserta menunjukkan tidak ada korelasi antara ukuran otak dengan IQ. Saat ini IQ masih menjadi salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang secara rasional.

Dilansir dari laman Science Alert, peneliti dari Austria, Belanda dan Jerman membandingkan hasil tes IQ dan menghubungkannya dengan IQ peserta. Ukuran otak diukur menggunakan metode pencitraan otak selama beberapa studi.

Pemimpin peneliti Jakob Pietschning dari University of Vienna di Austria mengatakan ukuran otak lebih banyak berhubungan dengan fungsi kognitif pada otak. Ini bukan kali pertama ilmuwan membantah adanya hubungan antara ukuran otak dan kecerdasan.

Bantahan pertama mula-mula hadir ketika para ilmuwan menyadari bahwa orang-orang yang cerdas tidak benar-benar memiliki otak berukuran besar. Dalam review baru itu, ilmuwan menemukan bahwa hubungan natara volume otak dan kecerdasan adalah hal yang dibesar-besarkandalam literatur.

Kesimpulan para peneliti juga didukung oleh fakta bahwa pria secara konsisten memiliki volume otak lebih tinggi dibandingkan wanita. Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan antara wanita dan pria dalam hal IQ.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!