Logam Ini 100 Kali Lebih Ringan Dibanding Styrofoam

redaksi.co.id - Logam Ini 100 Kali Lebih Ringan Dibanding Styrofoam JAKARTA -- Beberapa tahun lalu, peneliti menciptakan logam teringan di dunia untuk Boeing. Logam yang disebut...

34 0

redaksi.co.id – Logam Ini 100 Kali Lebih Ringan Dibanding Styrofoam

JAKARTA — Beberapa tahun lalu, peneliti menciptakan logam teringan di dunia untuk Boeing. Logam yang disebut microlattice ini 100 kali lebih ringan dari styrofoam. Dilancir dari Science Alert, microlattice merupakan polimer tiga dimensi. Pembuatan microlattice terisnpirasi dari struktur tulang manusia. Bersifat sangat kaku di luar tapi sebagian besar berlubang di dalam. Artinya, logam ini tidak mudah hancur dan cukup rungan.

Kisi dalam logam terhubungkan oleh nikel. Masing-masing jarak antar kisi logam memiliki tebal hanya 100 nanometer atau seribu kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia.

Dalam sebuah video, Sophia Yang, ilmuwan di laboratorium HRL (perusahaan join venture Boeing) menjelaskan logam ini bisa digunakan untuk melindungi telur yang dijatuhkan dari lantai 25. Artinya, material ini bisa membantu Boeing membangun pesawat yang secara signifikan lebih ringan. Laboratorium HRL ini juga mengembangkan teknologi untuk perusahaan General Motor.

“Di masa depan, temuan ini bisa membantu Boeieng menghemat bahan bakar,” ujar Yang.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!