Setahun Jokowi-JK Memimpin, Ini Curhatan Pengusaha

redaksi.co.id - Setahun Jokowi-JK Memimpin, Ini Curhatan Pengusaha Pada 20 Oktober 2015, genap sudah satu tahun Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memimpin Indonesia. Dalam perjalanan singkat ini,...

18 0

redaksi.co.id – Setahun Jokowi-JK Memimpin, Ini Curhatan Pengusaha

Pada 20 Oktober 2015, genap sudah satu tahun Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memimpin Indonesia. Dalam perjalanan singkat ini, ada beberapa hal yang sudah dicapai maupun yang masih harus menjadi pekerjaan rumah pemerintahan Kabinet Kerja.

Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencurahkan evaluasi mereka terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK di usia satu tahun.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum Kadin Paradigma Baru, Zainal Bintang berpendapat, setahun pemerintahan Kabinet Kerja merupakan sebuah masa transisi sehingga perlu waktu menyesuaikan diri dengan perubahan nomenklatur Kementerian/Lembaga.

“Masih ada regulasi yang tidak pas untuk dijalankan ke bawah. Makanya Kadin ke depan akan mengaudit semua regulasi yang tidak berpihak kepada rakyat,” tegas dia saat berbincang usai Konferensi Pers di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (18/10/2015).

Calon Ketua Umum dari Kadin Paradigma Baru ini mengakui bahwa industri sangat terbebani dengan pungutan pajak yang terlalu tinggi serta peluang impor yang terlampau besar. Regulasi tersebut, sambung Zainal, perlu direvisi dengan upaya mendorong industri substitusi impor di dalam negeri sehingga ketergantungan Indonesia pada impor berkurang.

“Jadi pekerjaan rumah yang penting adalah membangun industri dari hulu sampai hilir di dalam negeri supaya dapat mengurangi tekanan impor dan menyelamatkan devisa saat kebutuhan manufaktur mengalami peningkatan,” paparnya.

Sementara untuk prestasi pemerintahan Jokowi-JK, Zainal mengatakan, Kabinet Kerja mampu membangun dan merealisasikan program yang menyentuh masyarakat dari sektor pangan dan maritim. Sebagai contoh, dia bilang, membangun beberapa bendungan dan menjaga stok pangan meskipun ada gangguan musim kemarau panjang atau El Nino.

“Konsolidasi satu tahun ini memang tidak mudah, apalagi ada gangguan atau ketegangan politik di Indonesia. Tapi Jokowi-JK berhasil mengatasi gangguan pangan, fokus pada ketahanan pangan termasuk memperbaiki infrastruktur maritim,” jelas Zainal. (Fik/Ndw)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina Kadin, Oesman Sapta Odang mengklaim Jokowi merupakan Presiden pertama yang terjun langsung melihat kondisi kepulan bencana asap di Sumatera dan Kalimantan. Ini dianggap Wakil Ketua MPR itu sebagai prestasi yang patut diapresiasi.

“Luar biasanya, berpuluh-puluh tahun kita kena asap, pernah tidak Presiden turun ke tempat asap? Baru Jokowi kan? Akuin dong itu salah satu kinerja Jokowi. Saya tidak dekat dengan beliau dan saya baru kenai setelah ia jadi Presiden, tapi saya bisa lihat ia benar-benar turun ke bawah,” tegasnya.(Fik/Ndw)

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!