10 Universitas yang Paling Banyak Cetak Miliarder

redaksi.co.id - 10 Universitas yang Paling Banyak Cetak Miliarder Amerika Serikat dikenal salah satu negara yang paling banyak melahirkan miliarder dunia. Miliarder tersebut juga banyak mengenyam...

9 0

redaksi.co.id – 10 Universitas yang Paling Banyak Cetak Miliarder

Amerika Serikat dikenal salah satu negara yang paling banyak melahirkan miliarder dunia. Miliarder tersebut juga banyak mengenyam bangku kuliah di Negeri Paman Sam itu.

Dari 10 universitas yang paling banyak melahirkan orang kaya, 9 di antaranya berasal dari universitas di Amerika Serikat, sementara hanya satu berasal dari Inggris.

Dikutip dari Fortune, Senin (19/10/2015), Universitas Harvard di Amerika Serikat adalah yang paling banyak menghasilkan miliarder di dunia saat ini. Sebanyak 52 orang terkaya yang masih hidup adalah jebolan Harvard, meski ada yang menyebutkan kuliah di Harvard tidak menjamin bisa jadi orang kaya.

Sementara universitas yang kedua adalah University of Pennsylvania, dengan total 28 alumni yang kini jadi miliarder dunia, lebih dari separuh yang dimiliki Harvard.

Universitas lain disebutkan adalah Stannford, NYU, Columbia, Massachussets Institute of Technology (MIT), Cornell, USC dan Yale. Sementara hanya satu yang berada di luar Amerika Serikat, yakni Universitas Cambridge di London, Inggris. Sebelas dari lulusan terakhir di sana memiliki kekayaan total lebih dari US$ 1 miliar.

Data tersebut ditentukan berdasarkan studi yang dilakukan oleh WealthX, lembaga penelitian mengenai bisnis, orang kaya, kekayaan dan sejenisnya. Riset tersebut menunjukkan, meskipun 68 persen dari miliarder menghabiskan 4 tahun masa kuliahnya hingga selesai, itu tidak begitu menjamin. Karena banyak juga miliarder yang tidak kuliah, atau tidak meneruskan kuliahnya.

Seperti diketahui, Amerika Serikat adalah pusat miliarder dunia, dengan 515 warga negaranya punya kekayaan sekitar US$ 2 miliar. Lebih dari 3 kalinya China, yang berada di posisi kedua dengan total 157 orang. Meski demikian, China punya lebih banyak persentase orang kaya dengan usaha sendiri.

Secara global, hanya 20 persen miliarder dunia mewarisi kekayaannya. Adapun 20 persen lainnya seperti Donald Trump, mewarisi porsi yang sedikit dan menyulapnya menjadi kekayaan yang besar. Sementara 60 persen miliarder seperti Bill Gates dan Warren Buffet memulainya dengan susah payah.

New York adalah kota dengan jumlah miliarder paling banyak, yaitu 96 orang. Diikuti Hong Kong dengan 75 miliarder, Moskow 74 orang, London 60 orang dan Mumbai di India sebanyak 30 miliarder. Sementara 20 miliarder masing-masing tinggal di San Fransisco dan Tokyo. (Zul/Ndw)*

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!