Harga Bawang Merah Merangkak Naik

redaksi.co.id - Harga Bawang Merah Merangkak Naik Harga bawang merahdi pasar tradisional di Jakarta kembali merangkak naik. Kenaikan ini diperkirakan karena pasokan komoditas sayuran tersebut yang...

45 0

redaksi.co.id – Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Harga bawang merahdi pasar tradisional di Jakarta kembali merangkak naik. Kenaikan ini diperkirakan karena pasokan komoditas sayuran tersebut yang berkurang.

Salah satu pedagang sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Nur Hasanah (39) mengatakan, harga bawang merah terus mengalami kenaikan sejak awal bulan ini.

“Kalau tidak salah dari awal bulan mulai naik, bertahap. Bulan lalu masih Rp 20 ribu per kilogram (kg), terus naik jadi Rp 22 ribu-Rp 23 ribu per kg, sekarang naik lagi Rp 2.000 jadi Rp 25 ribu per kg,” ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Dia menjelaskan, kenaikan ini masih berkaitan dengan musim kemarau yang masih melanda sentra-sentra bawang merah salah satunya di Brebes, Jawa Tengah.

“Pasokannya berkurang, biasanya saya bisa dapat 10 kg per hari, ini paling cuma setengahnya (5 kg). Mungkin memang dari sana sudah kurang. Ada dari daerah lain, tapi bawangnya lebih kecil,” kata dia.

Meski demikian, menurut Nur, kenaikan harga ini masih dalam batas wajar. Dia berharap pasokan bawang merahkembali lancar sehingga bisa menurunkan harga di pasar-pasar tradisional.

“Ya kami sih pedagang maunya murah biar jualnya juga gampang. Kalau harga tinggi juga kan untung kami tidak naik, sama saja,” ungkapnya.

Sementara itu, hal berbeda justru dialami oleh sejumlah komoditas cabai yang mengalami penurunan harga. Harga cabai rawit merah, cabai merah keriting dan cabai merah besar kini justru turun.

Seperti cabai rawit merahyang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 32 ribu kini turun menjadi Rp 24 ribu. Kemudian cabai merah keriting dari sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

“Cabai malah turun terus, tapi turunnya ke harga normal. Karena kemarin-kemarin harganya memang masih tinggi. Mudah-mudahan tidak sampai anjlok,” tandasnya.

Berikut daftar harga sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Bawang putih Rp 25 ribu per kg

Cabai rawit merah Rp 24 ribu per kg

Cabai merah keriting Rp 23 ribu per kg

Cabai merah besar Rp 27 ribu per kg

Cabai rawit hijau Rp 20 ribu per kg

Tomat Rp 11 ribu per kg

Kentang Rp 11 ribu per kg

Wortel Rp 25 ribu per kg

Jagung Rp 9 ribu per kg

Timun Rp 10 ribu per kg

Terong Rp 8 ribu per kg

Kacang panjang 15 ribu per kg

Sawi Rp 8 ribu per kg

Kol Rp 8 ribu per kg

Buncis Rp 16 ribu per kg

Pare Rp 10 ribu per kg

Daun bawang Rp 10 ribu per kg

Daun seledri Rp 10 ribu per kg.

(Dny/Gdn)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!