Rahasia Potret Maksimal dengan Kamera Smartphone

redaksi.co.id - Rahasia Potret Maksimal dengan Kamera Smartphone Saat ini keberadaan kamera pada smartphne kian membaurkan fungsi dari kamera kompak, yakni ketika semakin tingginya resolusi serta...

29 0

redaksi.co.id – Rahasia Potret Maksimal dengan Kamera Smartphone

Saat ini keberadaan kamera pada smartphne kian membaurkan fungsi dari kamera kompak, yakni ketika semakin tingginya resolusi serta ketajaman warna yang ditawarkan oleh kamera-kamera ponsel.

Selain itu, bersatunya kamera dan ponsel menjadi alasan kuat bagi banyak orang untuk tampil praktis sekaligus fungsional hanya dalam satu gadget.

Sayang, sekalipun teknologi kamera ponsel kian canggih, namun masih banyak orang yang kurang paham dalam memamnfaatkannya secara maksimal. Berikut adalah empat tips sederhana untuk memaksimalkan pemanfaatkan kamera ponsel.

1. Penggunaan fitur High Dynamic Range (HDR)

Banyak smartphone saat ini telah memiliki fitur HDR pada kameranya, yakni fitur untuk menguatkan kontras warna melalui penangkapan tiga paparan warna saat memotret. Tiga paparan warna tersebut adalah: rendah, standar, dan tinggu.

Nantinya, gabungan ketiga paparan warna tersebut akan membentuk kontras warna yang dramatis seolah mendekati pandangan asli mata manusia. Fitur ini sangat baik digunakan ketika memotret dalam posisi landscape dan cahaya terang, namun buruk saat digunakan untuk memotret gambar bergerak dan posisi potrait.

2. Fitur remote shutter

Remote shutter memberikan kemudahan bagi pengguna smartphone untuk memotret dengan lebih ringkas dan stabil. Menariknya, fungsi remote shutter ternyata dapat ditemukan pada fitur dan ikon lain yang terdapat di dalam smartphone.

Sebagai contoh pada iPhone dan ponsel Android, Anda dapat menggunakan tombol pengeras suara sebagai alternatif untuk memotret dengan lebih stabil dalam posisi pengambilan gambar yang sedikit lebih fleksibel.

3. Fitur burst mode

Fitur ini akan membuat pengguna smartphone leluasa dalam menangkap banyak foto dalam waktu berdekatan secara lebih jelas. Pada iPhone, Anda cukup menahan icon shutter pada layar selama yang Anda inginkan ketika memotret.

Setelah selesai menahannya, semua foto yang diambil dalam satu tangkapan (capture) tersebut akan otomatis tersaji dalam benyuk thumbnail di layar, dan selanjutnya Anda tinggal memilih foto mana yang ingin Anda simpan.

Sedangkan untuk ponsel Android (untk model-model tertentu), tekan icon button pada fitur kamera di layar, lalu pilih icon Burst dan tarik ke bawah hingga menyatu dengan icon shutter. Ketuk dan tahan icon shutter setidaknya selama dua menit, dan Anda pun akan mendapatkan 20 tangkapan foto dalam satu waktu.

4. Mempertahankan Fokus Foto

Banyak pengguna smartphone seringkali mengeluh kesulitan mengunci fokus saat memotret, sehingga tak jarang hasil foto pun menjadi kabur.

Cara sederhana untuk menguncinya adalah dengan mengetuk layar pada fitur kamera dan menahannya sehingga muncul notifikasi otomatis bahwa layar telah berhasil terkunci. Anda pun dapat mempetahankan fokus foto yang diinginkan hingga benar-benar memotretnya.

HAPPY FERDIAN

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!