Mau Ambil Saham Freeport Harus Lihat Kemampuan BUMN

redaksi.co.id - Mau Ambil Saham Freeport Harus Lihat Kemampuan BUMN Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro tak ingin cepat mengambil keputusan terkait divestasi saham PT Freeport Indonesia.Hal tersebut...

8 0

redaksi.co.id – Mau Ambil Saham Freeport Harus Lihat Kemampuan BUMN

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro tak ingin cepat mengambil keputusan terkait divestasi saham PT Freeport Indonesia.

Hal tersebut harus dilihat dari segi finansial negara dan kemampuan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita itu harus tahu seluruhnya apa saja yang ditawarkan misalnya kesanggupan BUMN,” ujar Bambang di komplek DPR/MPR, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Bambang mengaku sampai saat ini pemerintah belum melakukan koordinasi guna membahas penawaran saham Freeport. Karena itu Bambang tak mau banyak angkat bicara, meski saat ini kewenangan divestasi Freeport ada di Kementerian Keuangan.

“Karena sampai sekarang pemerintah belum membahas Freeport. Jadi gimana saya mau ngomong,” ungkap Bambang.

Bambang menambahkan tak ingin berspekulasi mengenai cara pelaksanaan pengambilan saham Freeport ke depan. Selama belum ada pembahasan dengan para menteri terkait dan harga sahamnya, pemerintah belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

“Saya ga mau berandai-andai ya. Kita itu harus tau seluruhnya apa saja yang ditawarkan,” kata Bambang.

Sebelumnya diberitakan tribunnews.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan perusahaan BUMN harus siap mencaplok saham PT Freeport Indonesia.

Sudirman mengaku tidak senang alasan perusahaan BUMN seperti PT Antam (persero) Tbk dan PT Inalum (persero) jadi penghalang mengambil jatah divestasi saham Freeport. “Mulai saja belum masa sudah dibilang nggak mampu. Yang penting ada kesiapan institusi dulu, baru nyari uangnya,” ujar Sudirman.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!