1 Tahun Jokowi, Rupiah Kembali Terhempas

redaksi.co.id - 1 Tahun Jokowi, Rupiah Kembali Terhempas Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri SulistiyonoJAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada hari satu tahun pemerintahan...

30 0

redaksi.co.id – 1 Tahun Jokowi, Rupiah Kembali Terhempas

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada hari satu tahun pemerintahan Jokowi-JK, Selasa (20/10/2015) mengalami pelemahan, hingga bergerak di atas level Rp 13.600 per dolar AS.

Data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 129 poin ke level Rp 13.646 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.517 per dolar AS.

Pelemahan rupiah masih terus berlanjut seiring mulainya waktu perdagangan, pada pukul 08.55 WIB di posisi Rp 13.647 per dolar AS.

Sejak pembukaan hingga pukul tersebut, rupiah bergerak pada rentang Rp 13.620 hingga Rp 13.666 per dolar AS.

Sementara kurs tengah Bank Indonesia kemarin, rupiah melemah di posisi Rp 13.563 dari hari sebelumnya pada level Rp 13.534 per dolar AS.

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan, kemarin dolar AS menguat di Asia menyusul pengumuman pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada kuartal III 2015 yang melambat hingga 6,9 persen (yoy) dari 7,0 persen (yoy).

“Sementara itu, hingga dini hari tadi indikator perumahan AS yang membaik mampu melanjutkan penguatan dolar index,” ucap Rangga.

Menurut Rangga, secara umum tekanan eksternal baik dari penurunan harga komoditas serta sentimen perlambatan global masih akan menekan rupiah ke depan.

Pengumuman angka GDP pada kuartal III 2015 yang diperkirakan pemerintah membaik hingga 4,5 sampai 5 persen (yoy) juga akan menjadi konfirmasi penting bagi arah pergerakan rupiah.

“Hari ini tekanan terhadap rupiah bisa datang kembali, melihat sentimen penguatan dolar AS dan penurunan harga komoditas yang masih terlihat,” ujar Rangga.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!