Bertekad Kalahkan Rusia, NATO Gelar Latihan Militer Terbesar

redaksi.co.id - Bertekad Kalahkan Rusia, NATO Gelar Latihan Militer Terbesar TRAPANI -- NATO dan sekutunya menggelar latihan militer terbesar dalam lebih dari satu dekade di Trapani,...

44 0

redaksi.co.id – Bertekad Kalahkan Rusia, NATO Gelar Latihan Militer Terbesar

TRAPANI — NATO dan sekutunya menggelar latihan militer terbesar dalam lebih dari satu dekade di Trapani, Italia, Senin (19/10). Kawasan pusat Mediterania dipilih sebagai lokasi memamerkan kekuatan.

Seiring dengan lesatan pesawat saat upacara di pangkalan udara di Italia selatan, Rusia menjadi topik utama kekhawatiran NATO. Rusia berhasil memaksa NATO melakukan modernisasi militer terbesar sejak Perang Dingin.

“Ini mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada setiap penyerang potensial. Setiap percobaan pelanggaran kedaulatan satu negara NATO akan berujung pada keterlibatan militer seluruh negara NATO,” ujar komandan tinggi NATO Jenderal Philip Breedlove, dikutip dari The News, Selasa (20/10).

Latihan gabungan tersebut melibatkan sekitar 36 ribu tentara, kapal dan pesawat tempur selama lima pekan. Di Baltik, tempat pangkalan laut Rusia di Kaliningrad, Rusia telah menempatkan rudal yang mampu menangkis serangan dari kapal dan pesawat. Rudal tersebut mampu bekerja di wilayah yang luas.

“Kami sangat khawatir mengenai peningkatan kehadiran militer Rusia. Peningkatan konsentrasi tentara di Kaliningrad, Laut Hitam dan timur Mediterania memang menjadi tambahan tantangan,” kata Wakil Sekretaris NATO Jenderal Alexander Vershbow.

(red/vit/idayat/AH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!