Ekonomi Cina Lesu, Rupiah Kena Imbas

redaksi.co.id - Ekonomi Cina Lesu, Rupiah Kena Imbas Melemahnya sejumlah data ekonomi Tiongkok, seperti laju GDP, industrial production, dan lainnya memberikan imbas negatif pada laju mata...

10 0

redaksi.co.id – Ekonomi Cina Lesu, Rupiah Kena Imbas

Melemahnya sejumlah data ekonomi Tiongkok, seperti laju GDP, industrial production, dan lainnya memberikan imbas negatif pada laju mata uang Asia termasuk rupiah. Di sisi lain, pelemahan ini turut terimbas pelemahan sejumlah harga minyak mentah dunia setelah merespon data-data dari Cina itu.

Dengan pelemahan tersebut, memberikan ruang bagi US$ untuk dapat terlihat lebih menguat, kata Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada. Reza menjelaskan, laju indeks USDJPY, USDCNY, USDCHF, dan beberapa lainnya mengalami pelemahan seiring mulai berkurangnya data dorongan beli.

Ia khawatir mulai adanya pembalikan arah dapat memberikan peluang kembali terjadinya pelemahan. Pelaku pasar dimungkinkan akan kembali melepas rupiah dan kembali beralih ke USD mengingat penurunan yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

“Tetap harus mewaspadai kondisi riil lapangan dan mencermati sentimen di pasar, ujar dia. Meski pelemahan mulai terbatas,” kata Reza. Pelaku pasar kembali dimungkinkan akan melepas rupiah dan kembali beralih ke USD seiring kurang baiknya data-data di Asia khususnya Tiongkok. Reza memprediksi laju rupiah hari ini berada di bawah target support 13.550. Rp 13.578-13.580 (kurs tengah BI).

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!