Menteri Sofyan: Minimarket Bukan Indikator Kemajuan Sebuah Desa

redaksi.co.id - Menteri Sofyan: Minimarket Bukan Indikator Kemajuan Sebuah Desa Kementerian PPN/Bappenas mengkritisi penilaian masyarakat di daerah akan indikator sebuah wilayah pedesaaanitu sudah maju.Menteri PPN/Kepala Bappenas...

12 0

redaksi.co.id – Menteri Sofyan: Minimarket Bukan Indikator Kemajuan Sebuah Desa

Kementerian PPN/Bappenas mengkritisi penilaian masyarakat di daerah akan indikator sebuah wilayah pedesaaanitu sudah maju.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengungkapkan, ada beberapa isu yang berkembang di masyarakat pedesaaan saat ini dimana minimarket menjadi salah satu indikator dimana desa itu bisa dikatakan desa yang maju, dan hal itu salah besar.

“Kalau ada minimarket di desa itu akan dikatakan maju, itu salah, menurut saya minimarket itu justru harus kita stop,” kata Sofyan di kantornya, Selasa (20/10/2015).

Menurutnya, adanya minimarket di daerah justru akan menjadikan daerah tersebut sulit dalam berkembang. Itu disebabkan akan mematikan warung-warung rumahan yang dibangun beberapa warga desa selama ini.

Untuk itu, Sofyan meminta kepada pemerintah daerah mengatur mengenai izin usaha minimarket di setiap wilayah, terutama di pedesaaan.

Menurut Sofyan, indikator desa yang majuadalah yang memiliki beberapa fasilitas infrastruktur, seperti saluran irigasi yang tertata baik, ada fasilitas pendidikan, kesehatan, dan beberapa hal lainnya.

Hal inilah yang menjadikan Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan buku mengenai indikator pembangunan desa yang dalam penyusunannya melibatkan Kementerian Pembangunan Desa, Daerah Teringgal dan Transmigrasi serta Badan Pusat Statistik (BPS).

“Indeks ini bagus sekali, ini base line kita menerapkan UU desa, dengan kita terus memperbaiki metodologi, memperbaiki cara indikator dan lainnya, mudah-mudahan tahun depannya kita akan lihat kemajuan desa dengan intervensi pemrintah dengan lahirnya UU desa,” papar Sofyan. (Yas/Gdn)

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!