Wapres Akui Pertumbuhan Ekonomi Tidak Sesuai Target

redaksi.co.id - Wapres Akui Pertumbuhan Ekonomi Tidak Sesuai Target Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengakui bahwa target pertumbuhan perekonomian tidak tercapai setelah setahun pemerintahan Joko Widodo. Target...

7 0

redaksi.co.id – Wapres Akui Pertumbuhan Ekonomi Tidak Sesuai Target

Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengakui bahwa target pertumbuhan perekonomian tidak tercapai setelah setahun pemerintahan Joko Widodo. Target pemerintah awalnya adalah 6,2 persen, kemudian direvisi menjadi 5,7 persen.

“Ya kita tahu bahwa bagaimana pertumbuhannya, tidak sesuai apa yang kita rencanakan,” ujar Jusuf Kalla kepada wartawan di kantor Wakil Presiden, Selasa (20/10/2015).

Jusuf Kalla mengakui pemerintah masih kurang maksimal di bidang perekonomian antara lain dengan mempertimbangkan nilai impor Indonesia masih lebih besar dari nilai ekspor. Pemerintah juga mempertimbangkan berapa besar nilai perdagangan, penanaman modal baru hingga harga pangan.

“Itu kan ukuran ukurannya semua, ada yang baik ada yang kurang baik,” jelasnya.

Pelemahan tersebut salah satunya disebabkan oleh keadaan ekonomi global. Menguatnya nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS), menyebabkan nilai tukar mata uang sebagian besar negara termasuk Indonesia melemah.

Pemerintah terus berupaya untuk mengantisipasi pelemahan perekonomian dalam negri yang disebabkan oleh kondisi ekonomi global. Salah satu strateginya, adalah dengan mengambil kebijakan yang bisa meningkatkan produktifitas.

“Produktivitas kita musti diperbaiki,” ujar Jusuf.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!