Kausnya Bergambar Palu Arit, Pengamen Ini Ditangkap Tentara

redaksi.co.id - Kausnya Bergambar Palu Arit, Pengamen Ini Ditangkap Tentara , Lamongan - Alamsyah, 15 tahun, mungkin tak menyangka bakal ditangkap tentara. Bersama dua temannya,...

91 0

redaksi.co.id – Kausnya Bergambar Palu Arit, Pengamen Ini Ditangkap Tentara

, Lamongan – Alamsyah, 15 tahun, mungkin tak menyangka bakal ditangkap tentara. Bersama dua temannya, Senin, 19 Oktober 2015, pelajar sekolah menengah pertama itu bermaksud mengamen di sebuah warung nasi di komplek Pasar Agrobis, Babat Lamongan, Jawa Timur.

Di dalam warung ternyata ada personil dari Komando Rayon Militer Babat yang sedang bersantap siang. Bukannya diberi uang, Alamsyah justru digelandang dibawa ke Markas Koramil Babat tak jauh dari Pasar Agrobis.

“Kami amankan karena kaosnya ada lambang palu arit,” kata Komandan Kodim Lamongan, Letnan Kolonel Infanteri Jemz Andre Ratu Edo kepada Tempo, Selasa, 20 Oktober 2015.

Saat mengamen, Alamsyah memakai kaus hitam bertuliskan RMBL dan di sampingnya terdapat gambar berlambang palu arit mirip lambang Partai Komunis Indonesia, partai yang dilarang di Indonesia.

Setelah diamankan di Markas Koramil, Alamsyah diinterogasi dari mana ia memperoleh kaus warna hitam dengan tulisan putih itu. Dari pengakuan Alamsyah, kaus tersebut ia beli seharga Rp 180.000 per potong, dari sebuah tempat di Kota Lamongan, pada pertengahan bulan Juli lalu.

Saat ditanya ihwal adanya gambar palu arit di kaus tersebut, Alamsyah mengaku tidak-menahu soal logo Palu Arit yang tertulis di bagian belakang kaus. “Ya, mungkin tidak tahu,” ucap Jemz Andre.

Karena ketidaktahuannya itu Alamsyah kemudian diminta untuk membuat surat pernyataan dan diberi pemahaman soal gambar palu arit. Sedang kaus hitam yang dipakai selanjutnya disita sebagai barang bukti.

“Tapi, anaknya kami lepas, meski lebih dahulu membuat surat pernyataan,” ujar Jemz.

Jemz mengatakan masalah ini sudah dilaporkan ke Kantor Kepolisian Resort Lamongan.

Sementara itu, Kepala Satuan Intelijen Kepolisian Resort Lamongan Ajun Komisaris Polisi Aris Wahyudi mengatakan telah menerima laporan tersebut. Meski sudah sempat diperiksa Markas Koramil Babat, polisi tetap akan melakukan pemeriksaan terhadap Alamsyah, terutama menyangkut kaus yang memuat lambang palu arit itu. “Ya, kita dalami,” katanya. SUJATMIKO

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!