Derai Air Mata Warnai Reuni Warga Korsel – Korut

redaksi.co.id - Derai Air Mata Warnai Reuni Warga Korsel - Korut SEOUL - Derai air mata dikatakan mewarnai reuni sejumlah anggota keluarga Korea Selatan dan Korea...

23 0

redaksi.co.id – Derai Air Mata Warnai Reuni Warga Korsel – Korut

SEOUL – Derai air mata dikatakan mewarnai reuni sejumlah anggota keluarga Korea Selatan dan Korea Utara, yang dipisahkan akibat Perang Korea.

Dikutip dari New York, beberapa anggota keluarga yang berpisah dengan anggota keluarga lainnya akhirnya dapat kembali bertemu pada Rabu (21/10/2015), setelah terpisah selama 62 tahun.

Seorang pria bernama Oh Jang-kyun (65) akhirnya dapat mengucapkan kata “ayah” untuk pertama kalinya, setelah bertemu dengan sang ayah, Oh In Se, dalam reuni keluarga Perang Korea itu.

Saat perang pecah pada 1950, In Se terpisah dengan istrinya, Lee Soon-gyu, yang saat itu sedang hamil. Hal itu membuat Jang-kyun, yang masih dalam kandungan, belum pernah bertemu ayahnya seumur hidupnya.

“Ayah, selama ini saya selalu berusaha untuk menjadi putra yang membanggakan dirimu,” ucap Jang-kyun sambil menangis, dikutip The Washington Post.

Sedangkan, Soon-gyu mengucapkan syukurnya karena suaminya yang selama ini tinggal di Korea Utara itu masih hidup. Soon-gyu mengaku selama berpisah, ia tidak pernah menikah lagi karena berharap suaminya masih ada.

Meski dikatakan beberapa anggota keluarga banyak yang tak dapat berkata-kata dan terkejut saat bertemu dengan anggota keluarga lainnya, namun emosi yang tersirat dalam pertemuan itu dirasakan mendalam.

Sekitar 390 warga Korea Selatan melakukan perjalanan ke Diamond Mountain Resort, Korea Utara, Selasa (20/10/2015), setelah Korea Selatan dan Korea Utara bersepakat untuk mengadakan reuni keluarga Perang Korea pada Agustus 2015 lalu. (The Washington Post/New York Times)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!