Pikirkan 7 Hal Ini Sebelum Jadi Pengusaha

redaksi.co.id - Pikirkan 7 Hal Ini Sebelum Jadi Pengusaha Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha sukses? Dengan sikap yang tepat, sukses dan keuntungan besar yang Anda...

12 0

redaksi.co.id – Pikirkan 7 Hal Ini Sebelum Jadi Pengusaha

Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha sukses? Dengan sikap yang tepat, sukses dan keuntungan besar yang Anda inginkan tidak hanya menjadi impian semata.

Jika Anda melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg, pasti Anda akan tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa. Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari nol, dan tak satupun dari mereka yang mennyangka bahwa mereka akan berhasil mencetak keberhasilan seperti sekarang.

Tidak dipungkiri, kerja keras dan kesungguhan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar Anda dapat sukses jadi pengusaha. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti sebelum memilih menjadi pengusaha seperti yang dilansir dari laman The Washington Post, Kamis (22/10/2015):

1. Amati, Tiru, Modifikasi

Satu hal mudah yang dapat Anda lakukan apabila Anda masih bingung untuk memilih bisnis apa yang ingin dijalankan, adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

Saat ingin membuka usaha baru, cobalah lihat ke sekeliling Anda dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari dan modifikasi. Ini merupakan cara ampuh untuk mendapat ide bisnis yang ingin Anda lakukan.

2. Ketahui Angka Dasar

Sebelum memulai sebuah bisnis, alangkah baiknya jika Anda menghitung secara keseluruhan mengenai modal dan pengeluaran yang diburuhkan pada bulan-bulan awal bisnis. Langkah ini diambil untuk menghindari resiko terbenturnya laju bisnis Anda karena masalah dana.

3. Gandeng rekan atau investor

Setiap bisnis memiliki resikonya tersendiri. Bagi Anda yang baru ingin memulai menjalankan sebuah usaha, ada baiknya untuk mencari investor atau menggandeng partner demi menjalankan bisnis ini nantinya.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi. Jadi, jika rencana yang disusun tidak berjalan semua rencana, Anda tidak harus menghadapi kegagalan itu sendirian.

4. Kembangkan nilai tambah produk

Banyak pengusaha yang merasa kesulitan saat harus menjual produk yang dimiliki. Jika Anda hanya terpaku pada harga, Anda pada akhirnya akan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal agar mampu menang di pasaran.

Untuk itu cobalah kembangkan nilai tambah (aaded value) dari produk yang Anda miliki. Nilai tambah ini bisa berupa apapun yang membedakan produk Anda dari produk lain yang sudah ada di pasaran.Kuasai juga keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

5. Hargai waktu

Seorang pebisnis yang handal pasti menghargai setiap waktu yang ia miliki. Bagi seorang pebisnis, waktu diibaratkan sebagai uang yang bahkan tidak jarang beberapa dari mereka menghargai tiap detik dalam hidupnya dengan rupiah.

6. Beradaptasi dengan Teknologi

Teknologi bukanlah sesuatu yang asing. Kemajuan teknologi yang sangat pesat harus mampu Anda manfaatkan dalam memajukan sebuah bisnis. Selain dapat digunakan sebagai sarana pemasaran yang tepat, teknologi juga dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian konsumen dengan lebih luas.

7. Rekrut karyawan dengan baik.

Tidak dipungkiri, pada akhirnya Anda pun akan memerlukan bantuan pegawai agar pekerjaan tertentu dapat terselesaikan dengan baik. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha.

Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut. (Vna/Ndw)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!