Australia Tetap Beli F-35 dari AS Meski Kanada Membatalkan

redaksi.co.id - Australia Tetap Beli F-35 dari AS Meski Kanada Membatalkan MELBOURNE -- Australia tetap akan melanjutkan pembelian pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat bernilai 17...

26 0

redaksi.co.id – Australia Tetap Beli F-35 dari AS Meski Kanada Membatalkan

MELBOURNE — Australia tetap akan melanjutkan pembelian pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat bernilai 17 miliar dolar AS, meskipun ada rencana pemerintah baru Kanada untuk membatalkan pesawat canggih tersebut.

Perdana Menteri Kanada yang baru Justin Trudeau berjanji membuat tender baru pembelian pesawat, untuk menggantikan armada pesawat tempur mereka yang sudah tua.

Namun pembatalan pembelian dari Kanada tersebut, menurut perkiraan Senat Amerika Serikat, tidak akan berpengaruh kepada harga pesawat yang akan oleh Australia.

Sebelumnya, sudah sembilan negara berencana membeli F-35 Joint Strike Fighters ini. Menurut manajer program ini Marsekal Udara Chris Deeble, Australia tetap berencana membeli 72 pesawat tersebut dengan anggaran 17 miliar dolar AS.

Marsekal Deeble mengatakan Australia sudah membeli dua JSF ini dengan biaya masing-masing 126,7 juta dolar AS, namun rerata harga pesawat ini di 2023 akan sekitar 90 juta dolar AS.

Delapan pesawat lagi akan dibeli di 2018, dan delapan lainnya di 2019.

Deeble menambahkan Australia kemudian akan membeli 15 pesawat lagi setiap tahunnya sampai 2023. Saat itu pembelian terakhir sebanyak sembilan buah JSF.

Senator Peter Whish-Wilson dari Partai Hijau mengajukan pertanyaan kepada staf Kementerian Pertahanan AS mengenai alasan mengapa Pemerintah Kanada yang baru memutuskan membatalkan pembelian. Namun jawabannya adalah “Pertanyaan itu harus diajukan kepada Pemerintah Kanada sendiri.”

Selama kampanye, Trudeu mengatakan “ada banyak pesawat tempur lain yang lebih murah, dan sudah terbukti, yang bisa kita beli dan tersedia dalam batas waktu yang kita inginkan.”

Perdana Menteri Kanada yang baru tersebut juga sudah mengatakan kepada Presiden Barack Obama pesawat tempur Kanada akan ditarik Irak dan Suriah.

Justin Trudeau tidak mengatakan kapan penarikan itu akan terjadi, namun mengatakan pemerintahnya akan “bergerak dengan teratur sesuai dengan janji kami selama kampanye.”

Program Joint Strike Fighter ini juga melibatkan Denmark, Italia, Belanda, Norwegia, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

Pesawat tempur F-35 akan tiba di Australia di 2018 dan mulai beroperasi di 2020.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!