Polisi Jepang Bocorkan Informasi Penyelidikan Yakuza

redaksi.co.id - Polisi Jepang Bocorkan Informasi Penyelidikan Yakuza Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari TokyoTOKYO - Seorang polisi di Jepang berpangkat letnan ternyata telah membocorkan informasi...

38 0

redaksi.co.id – Polisi Jepang Bocorkan Informasi Penyelidikan Yakuza

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TOKYO – Seorang polisi di Jepang berpangkat letnan ternyata telah membocorkan informasi penyelidikan kasus penipuan yang dilakukan oleh mafia Jepang (Yakuza).

Letnan tersebut kini menerima sanksi disiplin sangat keras di kepolisian Jepang karena dituduh melanggar UU Pelayanan Masyarakat sebagai petugas pemerintah.

“Polisi tersebut diduga menjual informasi yang sangat rahasia ke pihak luar sehingga kebocoran itu baru ketahuan saat ini,” kata sumber Tribunnews.com, Kamis (22/10/2015).

Letnan polisi berusia 50 tahunan yang bertugas di kantor kepolisian Sapporo Hokkaido, utara Jepang itu, sekitar Desember tahun lalu melakukan pengusutan terhadap dua orang yakuza, satu pimpinan satu stafnya karena terlibat kasus penipuan.

Yakuza tersebut telah ditangkap. Tetapi laporan pemeriksaan tersebut baru diketahui belakangan ini ternyata bocor ke pihak ketiga. Sehingga polisi Hokkaido belum lama ini mengambil tindakan disiplin sangat keras kepada sang letnan sebagai sanksi atas pelanggaran UU Pelayanan Masyarakat Jepang.

“Kami meminta maaf sebesarnya kepada masyarakat atas kejadian ini dan kami akan mengambil berbagai tindakan internal agar tidak lagi terjadi kasus serupa di masa yang akan datang,” kata Kepala Polisi Hokkaido, Inspektur Jenderal Shirai Hiromitsu, Rabu (21/10/2015) kepada pers Jepang.

Polisi Hokkaido akan semakin meningkatkan pendidikan etikanya kepada semua personel polisinya mulai sekarang agar kejadian serupa tak terulang lagi di masa depan.

Info yakuza dapat dibaca lengkap di www.yakuza.in.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!