8 Langkah Jitu Buka Bisnis untuk Mahasiswa

redaksi.co.id - 8 Langkah Jitu Buka Bisnis untuk Mahasiswa Memulai bisnis sebelum lulus kuliah mungkin nampak seperti mengambil langkah berisiko. Tetapi sebenarnya langkah ini tepat untuk...

10 0

redaksi.co.id – 8 Langkah Jitu Buka Bisnis untuk Mahasiswa

Memulai bisnis sebelum lulus kuliah mungkin nampak seperti mengambil langkah berisiko. Tetapi sebenarnya langkah ini tepat untuk dilakukan.

Apalagi, sebagai mahasiswa yang mulai berbisnis, kita tidak akan mengalami banyak kerugian. Karena belum banyak tuntutan yang harus dipenuhi seperti anak, cicilan rumah atau kewajiban lain.

Dikutip dari USA Today, Kamis (22/10/2015), inilah langkah-langkah yang harus kamu jalani agar sukses membuka bisnis ketika masih duduk di bangku kuliah.

1. Temui mentor

Menjadi mahasiswa memilikin banyak keuntungan. Ketika berniat mulai berbisnis, kita bisa menemui dosen yang mau membantu. Setidaknya, mereka bisa menjadi teman diskusi yang memberi masukan tentang berbagai ide bisnis.

2. Perluas hobi

Anda mungkin memiliki hobi yang bisa diubah menjadi bisnis dengan sudut pandang yang tepat.

3. Buat pendanaan yang realistis

Berhati-hatilah dengan anggaran awal. Anda tidak sadar bertapa mahalnya hal-hal yang bisa mendukung bisnis tersebut.

4. Berpikir beda tentang tugas kuliah

Jika dapat tugas membuat proposal bisnis, kenapa tidak dilakukan dengan serius? Siapa tahu, ada pihak yang tertarik mendanai ide usahamu itu.

5. Menjadi bos

Menjalani bisnis itu membutuhkan waktu. Melalui kerja keras dan jaringan, kita bisa membangun bisnis meski masih mahasiswa. Jangan pernah menunggu untuk mengerjakan sesuatu, dan mulailah berperilaku seperti pemimpin.

6. Uji ide

Anda harus menguji ide untuk melihat jika ada pasar yang cocok dengan ide itu. Setelah itu, kita bisa dengan cepat belajar mengenai pasar dan menentukan strategi bisnis yang tepat.

7. Targetkan pemasaran sosial

Kita bisa menggunakan media sosial sesuai karakteristik audiensnya sebagai media pemasaran.

8. Jangan takut gagal

Sebagai pengusaha yang baru, janganlah takut untuk gagal.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!