70 Sandera Diselamatkan Pasukan AS dari ISIS

redaksi.co.id - 70 Sandera Diselamatkan Pasukan AS dari ISIS Termasuk di antara sandera tersebut adalah lebih dari 20 anggota pasukan keamanan Irak dan lima anggota militan...

17 0

redaksi.co.id – 70 Sandera Diselamatkan Pasukan AS dari ISIS

Termasuk di antara sandera tersebut adalah lebih dari 20 anggota pasukan keamanan Irak dan lima anggota militan pembelot ISIS, demikian menurut kutipan dari CBS News.

Sandera yang dianggap membelot dikatakan akan menerima eksekusi dari ISIS, karena dituduh telah menjadi mata-mata.

Terlibat dalam penyelamatan itu adalah 30 pasukan khusus kemiliteran AS, termasuk pasukan komando Delta dan pasukan Irak dari kelompok Kurdi.

Dikatakan pasukan tersebut sebenarnya dikirim tidak untuk melakukan serangan, melainkan hanya menangani dan bernegosiasi.

Namun, semua berubah ketika militan ISIS dan pasukan Kurdi Irak mulai terlibat dalam baku tembak. Akibatnya, pihak Pentagon menyatakan bahwa satu anggota pasukannya tewas akibat terkena tembakan.

Menurut sekretaris pers Pentagon, Peter Cook, keterlibatan AS dalam penyerangan itu sama sekali tidak dimaksudkan secara sengaja, namun karena situasi yang membuatnya demikian.

“Pasukan AS tidak terlibat aktif dalam misi penyerangan di Irak,” katanya, dikutip USA Today, menekankan bahwa AS hanya menyediakan helikopter dan bantuan untuk pasukan Kurdi Irak dalam misi penyelamatan tersebut. (CBS News/USA Today)

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!