2 Bintang EPL Mengaku Gay

redaksi.co.id - 2 Bintang EPL Mengaku Gay INGGRIS - Sejak Liga Primer Inggris mulai bergulir pada tahun 1992, belum ada satu pun pemain aktif yang secara...

44 0

redaksi.co.id – 2 Bintang EPL Mengaku Gay

INGGRIS – Sejak Liga Primer Inggris mulai bergulir pada tahun 1992, belum ada satu pun pemain aktif yang secara terbuka mengaku sebagai pecinta sesama jenis alias gay. Namun hal itu kemungkinan bakal berubah dalam waktu dekat

Mirror.co.uk melaporkan bahwa dua orang pemain klub peserta kompetisi sepak bola paling elite di Inggris itu berencana mengumumkan secara terbuka orientasi seksual mereka sebelum dimulainya musim 2016/2017. Salah satu di antaranya adalah bintang tim nasional Inggris.

Mirror tidak mengungkapkan nama-nama pemain yang dimaksud. Namun disebutkan bahwa mereka sudah berbicara dengan keluarga dan klub masing-masing serta juga asosiasi sepak bola Inggris, FA mengenai rencana tersebut.

Artikel yang ditulis pada, Jumat (23/10) itu menyebutkan bahwa atlet sepak bola profesional selama ini cenderung menutupi orientasi seksual mereka karena takut dikucilkan rekan satu tim.

Mereka juga takut dengan reaksi fans serta ejekan dari suporter klub rival.Pada tahun 1990, Justin Fashnau, eks striker Norwich dan Nottingham Forest menjadi pemain profesional pertama yang mengaku gay di Inggris.

Dia terus menerus mendapat perlakuan tak menyenangkan dari sesama pemain dan suporter setelah pengakuan itu. Sampai sekarang belum ada lagi pesepakbola aktif yang mengikuti jejaknya.

Bekas gelandang Aston Villa Thomas Hitzlsperger tahun 2014 lalu juga mengumumkan bahwa dirinya seorang gay. Namun ketika itu dia sudah tidak aktif lagi merumput.

Mirror pun meyakini bahwa pada tahun 2011 ada seorang pemain Liga Primer yang cukup dikenal mengaku gay kepada teman dan keluarganya. Namun setelah itu dia malah mendapat teror dan kini telah mengurungkan niat untuk terbuka kepada publik.

Meski sejarah sepak bola Inggris tampaknya tak berpihak kepada kaum homoseksual, situasi diyakini sudah berubah.

Hal itu dikarenakan semakin banyak atlet dari cabang olah raga lain yang secara terbuka mengaku gay seperti penyelam Tom Daley serta pemain rugby Keegan Hirst dan Gareth Thomas.

“Stigma sudah hampir hilang total dan publik sekarang jauh lebih bisa menerima (gay),” ujar seorang sumber Mirror. (Mirror/dil/)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!