Mengapa Nyamuk Suka Darah Manusia?

235

redaksi.co.id – Mengapa Nyamuk Suka Darah Manusia?

SOOPERBOY – Mungkin banyak dari Anda yang seringkali bertanya mengapa nyamuk menyukai darah manusia, bahkan seringkali dihubungkan dengan mereka yang memakai baju warna gelap lebih banyak diserang oleh nyamuk, hingga yang belum mandi. Tapi apakah itu jawaban sebenarnya? Dan inilah jawaban mengapa nyamuk suka menghisap darah!

Faktanya ternyata bukan karena beberapa alasan tadi, tapi karena nyamuk dapat mendeteksi suhu tubuh hingga aroma dari zat yang diproduksi oleh kulit manusia. Misalnya seperti zat asam laktat, asam laktat akan di produksi oleh kulit ketika seseorang sedang berolah raga atau sedang melakukan suatu aktivitas yang berlebihan dan menguras energi. Nah, ternyata nyamuk dapat mendeteksi dan berkeinginan kuat untuk menggigit kamu pada saat tubuh dibasahi keringat.

Tak hanya itu saja, beberapa ahli medis juga menyebutkan beberapa faktor lain yang membuat seseorang lebih sering digigit oleh nyamuk. Seperti kelebihan berat badan, serta mereka yang hobi minum alkohol. Karena beberapa kategori tersebut akan memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi sehingga akan lebih menarik perhatian nyamuk untuk dijadikan sasaran.

Nah, sedangkan beberapa mitos yang mengatakan jika nyamuk lebih suka terhadap mereka yang memakai baju gelap ternyata tidaklah benar. Berdasarkan penelitian Entomologi, yaitu seseorang yang mempelajari serangga, sebenarnya nyamuk tidak memiliki kekuatan ekstra untuk dapat menahan angin yang meniupnya.

Oleh karena itu, nyamuk akan berusaha mendarat dan dekat dengan tanah yang dianggapnya memiliki warna yang cenderung gelap untuk mempertahankan dirinya. Itulah mengapa pakaian gelap sangat di sukai oleh nyamuk. Ternyata si nyamuk mengira bahwa warna pakaian yang gelap adalah tempat yang aman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!