BI Sebut Dua Faktor Pendorong Rupiah Hari Ini

redaksi.co.id - BI Sebut Dua Faktor Pendorong Rupiah Hari Ini Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS Jumat (23/10) pagi menguat di kisaran Rp 13.400 per dolar...

6 0

redaksi.co.id – BI Sebut Dua Faktor Pendorong Rupiah Hari Ini

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS Jumat (23/10) pagi menguat di kisaran Rp 13.400 per dolar AS. Hal ini dinilai Bank Indonesia karena kondisi ekternal dan internal membawa angin positif.

Deputi Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara menjelaskan, hingga siang ini rupiah menguat 1,1 persen dikarenakan dua penyebab, pertama eksternal yaitu Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) akan rapat pada Oktober 2015 dan kemungkinan besar belum akan menaikkan suku bunganya.

“Kemudian dari Eropa, gubernur bank central eropa siap melakukan tambahan stimulus moneter untuk mendongkrak ekonomi Eropa. Mata uang emerging market menguat, termasuk rupiah,” ujar Mirza di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Menurut Mirza, faktor kedua yang menyebabkan rupiah menguat juga datang dari internal yaitu telah dikeluarkannya paket-paket kebijakan ekonomi hingga jilid V, sehingga mendorong minat investor untuk masuk ke Indonesia.

“Adanya paket kebijakan ekonomi I hingga V, mudah-mudahan dapat menunjukan ke pasar untuk lebih yakin ke pemerintah dalam mendorong investor,” ucap Mirza.

Data Bloomberg, rupiah dibuka menguat 158 poin ke level Rp 13.482 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.640 per dolar AS. Penguatan rupiah masih terus berlanjut hingga pukul 08.20 WIB ke posisi Rp 13.437 per dolar AS.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!