PP Pengupahan Baru Berlaku Mulai 2016

141

redaksi.co.id – PP Pengupahan Baru Berlaku Mulai 2016

Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengupahan telah disahkan. Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP tersebut padaJumat (23/10).

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan PP Pengupahan akan digunakan sebagai dasar penetapa Upah Minimum Propinsi(UMP) tahun 2016. ” Alhamdulillah PP Pengupahan sudah selesai, sudah ditandatangani Presiden dan telah diundangkan. Itulangsung berlaku, Penetapan UMP 2016 oleh setiap Gubernur nanti sudah harus menggunakan formula sebagaimana diamanatkan dalamPP tersebut,” ujar dia dalam siaran pers, Senin (26/10).

Menurut Hanif,PP Pengupahan dapat menjadi dasar kuat untuk menentukan upah. Karena selama ini penentuan upah selaludipolitisasi dan dinilai tidak rasional.

Upah merupakan hak privat antaar pemberi kerja dengan pekerja. Negara hanya hadir sebagai pelindung pekerja agar tidakmendapat upah yang terlampau murah.

Selain itu pemerintah seharusnya berfungsi untuk melindungi mereka yang belum bekerja agar bisa masuk ke pasar kerja danmelindungi dunia usaha agar bisa bekembang meningkatkan lapangan kerja. Hanif meminta kepada seluruh Gubernur untuk segeramenyesuaikan dan memproses penetapan UMP 2016 seusia dengan PP Pengupahan.

Dalam PP Pengupahan ini menggunakan angka inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional sebagai variabel utama untukmenentukan kenaikan upah minimum. Pengumuman serentak UMP tahun depan akan dilakukan oleh gubernur di masing-masing provinsi pada 1 November 2015.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!