6 Cara Cerdas Atur Uang Bulanan

redaksi.co.id - 6 Cara Cerdas Atur Uang Bulanan Sebesar apa pun penghasilan bulanan Anda tidak akan bersisa di akhir bulan jika Anda tak pandai-pandai mengaturnya. Bukannya...

21 0

redaksi.co.id – 6 Cara Cerdas Atur Uang Bulanan

Sebesar apa pun penghasilan bulanan Anda tidak akan bersisa di akhir bulan jika Anda tak pandai-pandai mengaturnya. Bukannya menabung, tapi utang Anda malah menumpuk.

Tak ingin terus terperosok dalam mengatur keuangan, berikut 6 cara cerdas yang bisa ditiru tentang pengelolaan keuangan pribadi, melansir laman US News, Selasa (26/10/2015):

1. Tetapkan tujuan keuangan

Bagi beberapa orang, tidak ada yang lebih menarik dibandingkan menyisihkan sebagian uang untuk membeli rumah merah atau melanglang buana ke seluruh dunia.

Memang benar jika memiliki tujuan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Hal itu juga akan menjadi motivasi Anda untuk menabung.

2. Buat rencana pengeluaran

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan.

Anda sebaiknya membuat anggaran bulanan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing.

3. Tahan diri dari godaan diskon dan promo murah

Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen.

Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut.

4. Lacak pengeluaran pribadi

Melacak setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan di restoran, minum kopi di kafe atau bayar ongkos taksi.

5. Cari produk serupa yang menawarkan harga lebih murah

Penetapan harga produk di sebuah toko ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut.

6. Cari pendapatan lebih dari satu sumber

Pada zaman sekarang apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.

Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!