Sejarah, Hari Ini Lahir Asosiasi Sepakbola Pertama di Dunia

redaksi.co.id - Sejarah, Hari Ini Lahir Asosiasi Sepakbola Pertama di Dunia Di sinilah sejarah sepakbola mengalami perkembangan signifikan. Pada 26 Oktober 1863, atau tepat 152 tahun...

30 0

redaksi.co.id – Sejarah, Hari Ini Lahir Asosiasi Sepakbola Pertama di Dunia

Di sinilah sejarah sepakbola mengalami perkembangan signifikan. Pada 26 Oktober 1863, atau tepat 152 tahun yang lalu, Asosiasi Sepakbola Inggris atau yang dikenal dengan FA (Football Association) mengadakan pertemuan pertama yang sekaligus menjadi hari kelahiran asosiasi sepakbola tertua di dunia.

Sebelum dilakukan pertemuan ini, klub-klub sepakbola suda hbermunculan di berbagai penjuru Inggris di antaranya Sheffield FC yang menjadi klub pertama di dunia. Akan tetapi, klub-klub sepakbola tersebut menggunakan peraturan yang berbeda-beda di setiap lokasi.

Aturan Cambridge mendominasi banyak daerah di Inggris. Namun, beberapa daerah di bagian utara mengadposi Aturan Sheffield. Kedua aturan ini menjadi yang paling populer kala itu.

Meski memiliki perbedaan yang tidak terlalu besar, kedua aturan ini melarang diberlakukannya hacking atau menendang lawan di area shin (sekitar tulang kering).

Perlunya aturan induk dalam sepakbola membuat 11 klub dan universitas mengirimkan wakilnya untuk berkumpul satu meja dalam rapat perdana FA di Freemasons’ Tavern, London.

Ke-11 klub itu adalah Barnes, Civil Service, Crusaders, Forest of Leytonstone, Klub Tanpa Nama (Kilburn), Crystal Palace, Blackheath, Kensington School, Perceval House, Surbiton, dan Blackheath Proprietary School.

Rapat FA ini terus berlanjut sampai Desember 1863 dengan hasil memunculkan peraturan baru yang menyerupai Aturan Cambridge.

Beberpa pihak yang tidak sepakat dengan keputusan ini kemudian memilih keluar dari FA dan mendirikan Rugby Football Union yang mengizinkan keberadaan hacking. Dari sini terlihat pemisahan yangjelas antara olahraga sepakbola dan rugby.

Perpisahan antara FA dan Rugby Football Union ini juga memunculkan istilah soccer. Menurut kisah, Charles Wreford Brown,mantan pemain rugby yang beralih ke sepakbola, adalah orang pertama yang memunculkan istilah tersebut.

Ia menyebut kata soccer sebagai ungkapan slang dari association untuk merujuk bahwa iatelah memilih sepakbola yang diatur oleh FA (Football Association).

Semenjak itu, peraturan pertandingan sepakbola terus disempurnakan. Piala FA, kompetisi tertua di dunia yang diatur oleh FA, kemudian hadir di musim 1871/72. Dari Inggris, sepakbola kemudian berkembang ke negara-negara lain sebelum FIFA terbentuk di Paris pada 21 Mei 1904.

Kini, FA bertugas untuk mengatur seluruh kompetisi sepakbola yang berlangsung di Inggris dan juga bertanggung jawab mengorganisasi timnas pria dan wanita Inggris.

Satu hal yang unik adalah, FA menjadi satu-satunya asosiasi sepakbola yang tidak mencantumkan nama negara (Inggris) pada nama resmi mereka sebagaimana halnya asosiasi sepakbola lain.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!