Oprah Winfrey Eksplorasi Keindahan Islam dalam Serial Terbarunya

140

redaksi.co.id – Oprah Winfrey Eksplorasi Keindahan Islam dalam Serial Terbarunya

Di dunia yang penuh kefanatikan agama dan rasisme, Oprah Winfrey mempromosikan toleransi dan kerukunan lewat serial TV terbarunya, Belief. Serial ini mengeksplorasi berbagai keyakinan spiritual dan praktik keagamaan.

Menurut Oprah, acara ini mengundang pemirsa untuk menyaksikan beberapa perjalanan spiritual yang paling menarik di dunia lewat mata pemeluknya, sekaligus mengeksplorasi pencarian umat manusia terhadap sesuatu yang lebih besar dari dirinya.

Demi membuat tayangan ini, Oprah telah memfilmkan sejumlah lokasi dan tradisi keagamaan, termasuk kota suci Makkah tempat umat Islam pergi menunaikan ibadah haji. Kami merasa mendapat kehormatan untuk memfilmkan haji dan mengeksplorasikan keindahan Islam, tulis Oprah lewat akun Twitter @Oprah, dilansir dari The Express Tribune, Senin (26/10).

Serial Belief juga menjelaskan tradisi sufi dalam Islam dan bagaimana laku sufi masih dijalankan oleh sebagian pemeluk Islam untuk meraih tingkat spiritual lebih tinggi. Pengantar diberikan oleh Varun Soni, dekan agama di University of Southern California.

Sambil memperkenalkan Islam, ia menjelaskan beberapa kesalahpahaman tentang Islam, termasuk jihad. Soni menekankan kenyataan jihad adalah konsep perjuangan yang dimiliki oleh setiap pemeluk agama. Dia pun membantah gagasan bahwa Islam mengajarkan peperangan.

Situs The Express Tribune menyebut mungkin ini bagian paling penting dari serial, mengingat konteks militansi Islam di dunia saat ini. Banyak pemirsa memberikan reaksi positif terhadap acara tersebut. Mereka mengungkapkan kesannya di Twitter. Seorang netizen, @ChrisSumlin, mengaku banyak belajar tentang kepercayaan Islam lewat acara ini.

Saya tidak pernah belajar lebih banyak tentang iman Islam sebelum tayangan televisi yang bagus ini, kata dia. Netizen lain, @Luftenegger, mengaku terkesan dengan suasana ibadah haji. Tayangan itu menurutnya telah mengeksplorasi keindahan Islam yang sangat murni.

Saya telah membuka pikiran dan hati saya tentang Islam. Merasa seolah-olah saya telah disekolahkan!, tambah pemilik akun @agleger01. Oprah berharap, serial ini akan terus membantu memperjelas kesalahpahaman dan mengurangi Islamofobia yang sedang berlangsung di dunia.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!