Obama Apresiasi Reformasi Ekonomi Indonesia

redaksi.co.id - Obama Apresiasi Reformasi Ekonomi Indonesia Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Barrack Obama mengapresiasi reformasi ekonomi yang dilakukan Indonesia. Menurut dia, Amerika memantau...

31 0

redaksi.co.id – Obama Apresiasi Reformasi Ekonomi Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Barrack Obama mengapresiasi reformasi ekonomi yang dilakukan Indonesia. Menurut dia, Amerika memantau dari dekat seluruh paket kebijakan yang diluncurkan pemerintahan Joko Widodo. Dari sejak awal Presiden memimpin pemerintahan ini, Presiden Obama mengapresiasi penghapusan subsidi BBM yang dialihkan kepada kegiatan-kegiatan yang lebih strategis, kata Retno seperti dikutip dari rilis Tim Komunikasi Presiden, Selasa, 27 Oktober 2015.

Dalam pertemuan, Obama dan Jokowi berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Presiden Obama meminta tim ekonomi dari kedua negara untuk duduk dan mengidentifikasi kerja sama yang dapat dilakukan serta hambatan-hambatan yang dihadapi. “Dengan kedua tim ekonomi duduk bersama akan bisa dilihat apa yang bisa diperkuat dan hambatannya apa, dan lain sebagainya”, ujar Retno.

Presiden Jokowi juga menyampaikan masalah potensi di bidang digital ekonomi dan diapresiasi Presiden Obama. Keduanya bersepakat meningkatkan kerja sama di bidang digital ekonomi. Untuk isu regional dan multilateral, hal-hal yang dibahas adalah kerja sama maritim, perubahan iklim, dan di bidang kontra terorisme.

Retno mengatakan kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat menandai satu tahapan baru hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat, dimana sejak tahun 2010 antara kedua negara telah dimulai hubungan kemitraan yang dinamakan sebagai comprehensive partnership. Dengan kunjungan kali ini memulai hubungan baru dengan diluncurkannya strategic partnership antara kedua negara, katanya.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!