10 Maskapai Paling Aman di Dunia

redaksi.co.id - 10 Maskapai Paling Aman di Dunia Pesawat masih dianggap menjadi salah satu moda transportasi yang aman, meski berisiko tinggi. Menurut AirlineRatings.com, industri penerbangan telah...

43 0

redaksi.co.id – 10 Maskapai Paling Aman di Dunia

Pesawat masih dianggap menjadi salah satu moda transportasi yang aman, meski berisiko tinggi. Menurut AirlineRatings.com, industri penerbangan telah menerbangkan penumpang lebih dari 3,3 miliar dalam 27 juta penerbangan di 2014.

Dari banyaknya jumlah penerbangan itu, ada 10 maskapai penerbangan yang dianggap paling aman di seluruh dunia versi Airlineratings, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (26/10/2015). Apa saja?

1. Air New Zealand

Maskapai dari Selandia Baru ini telah menciptakan pemulihan yang baik setelah periode gejolak keuangan di awal 2000-an. Perubahan ini bikin maskapai ini memuncak di AirlineRatings.com sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia. Ditambah Air New Zealand tidak menderita insiden signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

2. Singapore Airlines

Singapore Airlines secara global dipuji karena fitur, layanan berkualitas tinggi dan operasionalnya yang efisien. Menurut Business Insider maskapai ini adalah yang terbaik di dunia. Maskapai ini juga termasuk maskapai yang bebas kecelakaan sejak tahun 2000-an.

3. Finnair

Ini adalah maskapai penerbangan nasional Finlandia. Meski tak cukup terkenal dibanding maskapai lainnya, Finnair menjadi salah satu maskapai yang paling aman di dunia karena tak pernah mengalami kecelakaan serius sejak 1960.

4. British Airways

Maskapai ini adalah maskapai paling besar di Eropa. Meski dilanda banyak pemberitaan mengenai kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir, British Airways hanya mengalami satu kecelakan fatal yakni di 1976, setelah di 1974 maskapai ini berdiri.

5. Cathay Pacific

AirlineRatings memilih Cathay Pacifi sebagai maskapai penerbangan dengan layanan kelas bisnis terbaik di dunia, Selain nyaman seperti kelas bisnisnya, maskapai ini juga mengedepankan keamanan dan masuk dalam jajaran maskapai penerbangan paling aman. Di luar serangan teroris, Cathay tak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak 1960.

6. Emirates Airlines

Sejak lahir di 1985, Emirates tumbuh menjadi salah satu pemain besar di industri penerbangan. Dalam 30 tahun itu, maskapai menjaga angka kecelakaan hampir nol, tak pernah alami satu kecelakaan yang fatal.

7. Etihad

Maskapai ini adalah tetangga dari Emirates Airlines. Etihad telah menjaga reputasinya dalam hal keamanan.

8. Eva Air

Maskapai asal Taiwan ini mendapatkan predikat sebagai maskapai jarak jauh terbaik di Asia, versi AirlineRatings.com. Maskapai ini juga tak pernah mengalami kecelakaan berarti sejak berdiri di 1988.

9. Lufthansa

Maskapai Jerman ini adalah maskapai raksasa Eropa. Beroperasi sejak 1955, Lufthansa disebut jadi maskapai penerbangan jarak jaih terbaik di Eropa. Maskapai ini juga tak pernah mengalami kecelakaan serius sejak 1993.

10. Qantas

AirlineRatings memberikan predikat untuk maskapai penerbangan paling aman adalah Qantas. Perusahaan maskapai penerbangan yang reputasinya dikenal karena leveln keamanannya yang tinggi. Maskapai berumur 93 tahun ini tak pernah alami kecelakaan serius sejak 1951.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!