Fadli Zon: BUMN Menggerogoti Uang Rakyat

redaksi.co.id - Fadli Zon: BUMN Menggerogoti Uang Rakyat Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menilai kinerja badan usaha milik negara (BUMN) belum terlihat nyata dan berkontribusi terhadap...

43 0

redaksi.co.id – Fadli Zon: BUMN Menggerogoti Uang Rakyat

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menilai kinerja badan usaha milik negara (BUMN) belum terlihat nyata dan berkontribusi terhadap pendapatan negara.

Padahal menurutnya, di Indonesia saat ini ada 150-an BUMN yang bergerak di berbagai bidang.

“Kontribusi BUMN pada masa lalu hanya 2-3 persen, kalah sama pendapatan cukai rokok. Masa ada 150-an BUMN tidak bisa menghasilkan. Kan begitu banyak bidang-bidang yang dikuasai BUMN bahkan ada yang monopolistis,” kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Dengan hasil yang minim, bahkan BUMN-BUMN di Indonesia rencananya akan mendapatkan dana segar dari penyertaan modal negara (PMN) yang diasumsikan pada RAPBN 2016. Menurut Fadli, tidak ada gunanya uang rakyat yang berbentuk PMN dialokasikan untuk BUMN.

“Jadi seharusnya BUMN itu mensejahterkan rakyat, bukan seperti saat ini menggerogoti uang rakyat dari APBN dalam bentuk PMN,” tegasnya.

Masih kata Fadli, kalau BUMN yang sehat seharusnya menjadi salah satu alternatif penghasilan negara di luar pendapatan dari pajak. Menurutnya, BUMN adalah perwujudan negara di dalam bidang ekonomi.

“Jadi BUMN adalah kehadiran negara dalam bidang ekonomi, BUMN bukan B to B. BUMN itu bukan swasta, jadi kalau cara berpikir BUMN itu swasta sangat salah,” tandasnya.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!