Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dengan Cara Ini

278

redaksi.co.id – Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dengan Cara Ini

Bisnis kecil biasanya memiliki anggaran yang juga minim. Tantangan inilah yang harus segera diatasi, apalagi jika kebutuhan untuk produksi hingga pemasaran membutuhkan biaya yang sangat besar.

Minimumnya biaya membuat pemilik bisnis kecil harus memutar otak agar bisa menjadi lebih kreatif lagi. Dengan begitu pemasaran bisnis bisa menjadi lebih menarik dan tidak menghabiskan banyak biaya.

Kabar baiknya ada banyak sekali teknik atau metode pemasaran yang bisa digunakan. Contohnya saja bisa dimulai dengan website kita sendiri.

Lalu cara apa saja yang bisa kita gunakan? berikut penjelasannya seperti yang dilansir dari laman Huffington Post, Rabu (27/10/2015):

1. Optimasi website toko online

Bisnis kecil identik dengan dunia online. Bagaimana tidak, karena media online memberikan kemudahan untuk mempromosikan baik dari segi cara sampai dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis. Menjalankan bisnis online akan sangat familiar dengan sosial media dan juga website toko online.

Kalau kamu menggunakan website toko online untuk berjualan, ini akan memudahkan kamu dalam memposting, dan melayani pesanan pelanggan. Karena beberapa penyedia website toko online akan menyediakan fitur yang lengkap untuk website toko online.

Dengan tampilan yang menarik, website kamu akan lebih optimal dan tentu saja bisa menarik perhatian banyak pelanggan online.

2. Submit URL website ke mesin pencari

Setelah kamu memiliki website atau blog untuk berjualan online. Atau kamu sudah memposting produk atau artikel, jangan dibiarkan begitu saja. Karena Google tidak akan langsung dan mudah membaca halaman tersebut. Submit URL halaman postingan kamu ke mesin pencari.

Tujuan apa? Tentu saja untuk memudahkan mesin pencari sepert Google dalam membaca halaman kita. Dengan begitu pelanggan yang mencari informasi tentang produk kita akan lebih mudah menemukan halaman kita.

3. Tunjukkan visi dan misi bisnis

Bisnis kecil atau bisnis online akan mengalami kesulitan di awal mereka berdiri, salah satunya yaitu kepercayaan dari pelanggan itu sendiri. Penting untuk kita meyakinkan mereka dengan berbagai cara dan dengan cara yang baik.

Contohnya saja dengan menunjukkan visi dan misi bisnis kita. Kita bisa menuliskannya di blog atau di halaman About Us website kita.

Beri penjelasan tentang apa dan siapa kita, bisnis kita, visi dan misi bisnis kita, bahkan apa saja yang akan didapatkan oleh pelanggan.Tidak perlu memberikan kata-kata yang berlebihan.

Sekalipun harus menarik, tapi kalimat yang terkesan berlebihan justru tidak akan dipercaya oleh pelanggan.

4. Berikan penawaran menarik

Berbagai penawaran mampu meningkatkan jumlah permintaan dan pemesanan pelanggan di suatu bisnis. Seperti diskon, pengiriman gratis, hadiah menarik hingga konsultasi gratis. Termasuk untuk bisnis kecilmu. Kamu bisa memberikan pelanggan beberapa penawaran menarik saat mereka berbelanja di toko onlinemu.

Sebuah studi psikologi menyebutkan, bahwa apapun yang membuat seseornag senang atau bahagia, akan cenderung diulang agar mendapatkan kebahagiaan itu terus. Nah, di sini kita bisa menerapkannnya untuk memberi penawaran terbaik untuk pelanggan.

5. Ikut pameran ataupun bazar

Salah satu media promosi yang murah bahkan gratis adalah dengan mengikuti event, seperti pameran ataupun bazar. Sekalipun hanya di pasar minggu atau pasar dadakan, kamu harus mau memperkenalkan bisnismu ke banyak orang.

Jelaskan apa produk kamu dengan cara yang menarik. Bukan hanya dari segi harga saja, bisa jadi dari pelayanan hingga packaging produk kamu. Jangan lupa saat kamu mengikuti sebuah acara, kartu nama wajib kamu miliki.

Sehingga saat kamu berkenalan dengan orang baru kamu tidak akan ketinggalan moment mendapatkan kontak person mereka dan mereka juga akan mengingat kamu lewat kartu nama yang kamu berikan.

6.Ciptakan kontes atau perlombaan

Selain dengan memposting artikel kita juga bisa menarik minat pengunjung untuk masuk dan mengenal bisnis kita dengan sebuah kontes. Tidak perlu membuat hal rumit, kontes sederhana seperti kuis di Twitter atau sekedar teka teki di Facebook juga bisa menarik perhatian orang untuk mencari tahu siapa kita.

Saat mereka tertarik mengikuti kontes, mereka juga akan mengenal dan memperkenalkan bisnis kita ke orang yang lebih banyak lagi. Apalagi saat kontes itu memberikan hadiah, sekalipun hanya hadiaj sederhana.

7.Optimalkan komunitas lokal

Salah satu cara promosi lainnya yang dirasa ampuh adalah dengan lebih sering berkumpul dan mengikuti komunitas lokal. Melalui komunitas kita akan mendapatkan lebih banyak kenalan, dan juga memiliki media promosi mudah dan tentu saja gratis. Berbagi ilmu juga akan jadi keuntungan kita saat mengikuti komunitas. (Vna/Ndwn)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!