BI Prediksi Ekonomi Jakarta Tumbuh di Bawah Ekspektasi

redaksi.co.id - BI Prediksi Ekonomi Jakarta Tumbuh di Bawah Ekspektasi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta memperkirakan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta akan di bawah ekspektasi. Pada...

25 0

redaksi.co.id – BI Prediksi Ekonomi Jakarta Tumbuh di Bawah Ekspektasi

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta memperkirakan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta akan di bawah ekspektasi. Pada awal tahun, Kanwil BI DKI Jakarta memperkirakan pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun mencapai 5,24 persen.

Kepala Kanwil BI DKI Jakarta Dony P Joewono mengungkapkan dirinya terpaksa merevisi pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut dikarenakan penyerapan anggaran pemerintah provinsi tidak sesuai harapan.

“Sampai triwulan III itu penyerapan APBD baru 27 persen, atau sekitar Rp 13 triliun. Padahal perkiraan sebelumnya di triwulan III bisa mencapai 37 persen,” kata Dony di kantornya, Selasa (27/10/2015).

Dony menjelaskan dengan pencapaian penyerapan anggaran tersebut hingga akhir tahun BI memperkirakan penyerapan anggaran di bawah 60 persen dari perkiraan sebelumnya mencapai 62 persen.

Dikatakan Dony, bukan tanpa alasan penyerapan anggaran Pemrov DKI tidak sesuai harapan. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi penyebabnya. Pertama, penyaluran APBD DKI Jakarta yang terlambat.

“Dengan begitu sudah jelas, pengadaan barang dan jasanya juga terlambat, karena itu kan butuh waktu, jadi tidak bisa maksimal,” tegasnya.

Kedua, perubahan nomenklatur di birokrasi pemerintah provinsi diakui Dony juga mempengaruhi perbelanjaan anggaran yang ada. Ketiga, kebijakan pengeluaran anggaran yang hanya Rp 2,5 juta dari sebelumnya Rp 25 juta. (Yas/Ndw)

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!