Cara Jitu Bisnis Tembus ke Pasar Internasional

redaksi.co.id - Cara Jitu Bisnis Tembus ke Pasar Internasional Bisa mengembangkan bisnis hingga pasar ekspor pasti menjadi impian banyak orang. Bahkan, tak banyak pebisnis yang dapat...

11 0

redaksi.co.id – Cara Jitu Bisnis Tembus ke Pasar Internasional

Bisa mengembangkan bisnis hingga pasar ekspor pasti menjadi impian banyak orang. Bahkan, tak banyak pebisnis yang dapat mengembangkan bisnis hingga pasar ekspor.

Lalu, bagaimana caranyaagar kita bisa mengembangkan bisnis hingga mancanegara? Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda berencana mengembangkan bisnis meuju pasar ekspor seperti yang dilansir dari lamansmallbiztrends.com, Rabu (28/10/2015):

1. Perhatikan standar mutu produk

Kualitas adalah hal yang utama dan pertama harus diperhatikan dalam sebuah produk. Sesuaikan produk Anda dengan standar mutu di pasaran international agar dapat bersaing dengan produk lain.

Oleh karena itu, pastikan produk Anda memiliki kualitas unggul serta mengantongi izin industri dari pihak-pihak yang bersangkutan.

2. Menjaga konsistensi pasokan produk

Jika standar mutu telah sesuai dengan pasar negara yang dituju, selanjutnya perhatikan pasokan produk untuk memenuhi permintaan pasar. Konsistensi pasokan produk merupakan hal yang penting bagi seorang eksportir.

3. Memahami aturan ekspor-impor

Pemahaman tentang aturan ekspor-impor adalah hal yang penting. Paham tentang aturan ekspor di negara tujuan akan membuat Anda tidak salah dalammemilih calon pembeli dan membuat kerjasama ekspor-impor dapat berjalan

lancar.

4. Mengetahui prosedur teknis ekspor

Anda perlu mengetahui bagaimana prosedur teknis yang perlu dijalankan seorang eksportir. Mulai dari prosedur administrasi, bea cukai, peralatan dan perlengkapan hingga prosedur pembayaran.

Jangan sampai produk Anda tertahan karena persoalan dokumen yang belum lengkap. Nah, mengembangkan bisnis menuju pasar ekspor memang membutuhkan perencanaan yang matang.

Selain kualitas produk yang sesuai dengan standar mutu ekspor, persiapan dokumen dan peraturan tentang impor-ekspor mutlak harus dipahami. Jangan lupa juga mempersiapkan pasokan yang memadai sehingga tidak terjadi keterlambatan.

(Vna/Ndw)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!