Perangi Perubahan Iklim RI, Prancis Gelontorkan 1,7 Miliar Euro

redaksi.co.id - Perangi Perubahan Iklim RI, Prancis Gelontorkan 1,7 Miliar Euro Indonesia mendapatkan bantuan dari pihak asing, yakni Prancis, melalui Agence Francaise de Development (AFD).Badan Prancistersebut...

46 0

redaksi.co.id – Perangi Perubahan Iklim RI, Prancis Gelontorkan 1,7 Miliar Euro

Indonesia mendapatkan bantuan dari pihak asing, yakni Prancis, melalui Agence Francaise de Development (AFD).

Badan Prancistersebut memberikan investasi dana untuk memerangi perubahan iklim di sektor energi, transportasi, sanitasi, perikanan, dan kehutanan. Dengan misi untuk mempromosikan pertumbuhan hijau dan inklusif serta melalui berbagai alat keuangan melalui hibah ke pinjaman, AFD bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung proyek-proyek yang memberikan dampak positif pada iklim.

“Di Indonesia AFD mengambil langkah nyata sejak tahun 2007. Sampai dengan tahun 2015, kami telah berkomitmen lebih dari 1,7 miliar euro. Yang terbesar dari negara lain,” kata Direktur Departemen Asia AFD Pascal Pacaut dalam acara yang digelar di Hotel Pullman Jakarta, Selasa malam, 27 Oktober 2015.

Selain itu, AFD sebelumnya juga berkomitmen menggelontorkan 8 miliar euro untuk proyek dan program baru tahun 2014.

“Proyek-proyek yang didanai bertujuan untuk meningkatkan akses air minum, transportasi, dan energi memberikan pendidikan bagi anak-anak, meningkatkan kesehatan ibu, mempromosikan kesetaraan gender serta mendukung petani dan usaha kecil,” ujar Pascal.

Pembiayaan tersebut juga membantu mengurangi gangguan iklimdengan menekan hampir 3,3 juta metrik ton karbondioksida setiap tahunnya.

AFD merupakan lembaga keungan pemerintah Prancis yang selama lebih dari 70 tahun telah bekerja untuk mengurangi kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang. (Tnt/Mvi)**

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!