PC Pertama Dunia Dilelang

redaksi.co.id - PC Pertama Dunia Dilelang JAKARTA -- Personal Komputer pertama dunia akan masuk pelelangan. Adalah Kenbak-1 yang berusia enam tahun lebih tua dari Apple 1...

38 0

redaksi.co.id – PC Pertama Dunia Dilelang

JAKARTA — Personal Komputer pertama dunia akan masuk pelelangan. Adalah Kenbak-1 yang berusia enam tahun lebih tua dari Apple 1 dan bisa mencapai angka lelang sebesar 300 ribu poundsterling.

Produk yang diciptakan pada 1970 hanya terjual 40 unit. Model Kenbak-1 yang dilelang ini adalah yang ke-17 dan akan dilelang pada bulan depan. Kenbak dirancang oleh John Blakenbaker di Los Angeles sebelum mikroprosesor tersedia. Memori Kenbak hanya berisi 256 byte. PC tersebut mampu melaksanakan beberapa ratus perntah per detik.

Unit ini mulai dijual satu tahun setelah ditemukan yakni pada 1971 dengan harga 485 poundsterling atau 750 dolar AS. Pada 1987, Kenbak digolongkan sebagai PC yang pertama tersedia secara komersial oleh Museum Komputer Boston.

Sementara Apple dengan PC nya kemudian membuat perusahaan menjadi perusahaan multi miliar pound. Perusahaan Kenbak sendiri ditutup pada 1973. Ketika perusahaan Kenbak ditutup, sejumlah perangkat yang telah selesai dibuat terjual. Namun Blankenbaker menjaga prototipe dan dua perangkat yang sudah diproduksi, salah satunya adalah PC dengan nomor seri 183.

Peralatan lainnya diberikan kepada Museum Komputer Boston dan kemudian dipindahkan ke Museum Sejarah Komputer di Mountain View. Salah satu handle telah hilang pada model 183 ini sehingga telah diganti. Perangkat tersebut memiliki tiga sirkuit terpadu dan satu transitor yang digantikan.

Lelang akan dilakukan pada 7 November pukul 10 waktu setempat. Sementara Apple 1 akan dilelang pada akhir bulan ini dengan tawaran mulai dari 240 ribu poundsterling atau 371 ribu dolar AS.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!