Walhi Tuding Ada Skenario Tertentu di Balik Kebakaran Hutan

redaksi.co.id - Walhi Tuding Ada Skenario Tertentu di Balik Kebakaran Hutan JAKARTA - Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Zenzi Suhadi menuding adanya skenario tertentu dari...

24 0

redaksi.co.id – Walhi Tuding Ada Skenario Tertentu di Balik Kebakaran Hutan

JAKARTA – Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Zenzi Suhadi menuding adanya skenario tertentu dari kebakaran yang terjadi di hutan Kalimantan dan Sumatera.

Bukti yang dipaparkan Zenzi ada pola yang sama sesaat sebelum kebakaran hutan terjadi. “Tidak bisa disanggah ada skenario,” ujar Zenzi di diskusi Energi Kita, gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Zenzi menjelaskan dari data Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup ada 73 persen titik api di dalam kawasan hutan.

Pada saat kebakaran sudah merambat, muncul konsesi perusahaan minyak kelapa sawit di beberapa titik tersebut. “Kita menemukan pola yang sama di Sumatera dan Kalimantan, ada proses kebakaran dulu baru ada konsesi,” jelas Zenzi.

Walhi fokus kepada beberapa titik kebakaran terkait pergerakan ekspansi konsesi.

Zenzi mengatakan pola kejadiannya ada pembangunan kanal sebelum terjadi kebakaran sama seperti tahun lalu. “Begitu polanya hampir sama. Sulit mengatakan tidak ada skenario dalam kebakaran hutan ini,” papar Zenzi.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!